Harga Saham Tesla Bisa Rp 43 Juta, Ngadi-ngadi Nggak Nih?

Cnbcindonesia-market   Senin, 22 Maret 2021

img

Harga saham tesla bisa rp 43 juta, ngadi-ngadi nggak nih? jakarta, cnbc indonesia - pasar keuangan indonesia berakhir variatif pada perdagangan kemarin. Indeks harga saham gabungan melemah, nilai tukar rupiah stagnan, dan harga obligasi pemerintah naik. Kemarin, ihsg ditutup dengan koreksi 0,87%. Investor asing membukukan jual bersih rp 414,46 miliar di pasar reguler.

Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika serikat (as) ditutup di rp 14.400/us$ di perdagangan pasar spot. Sama persis dengan posisi penutupan akhir pekan lalu alias stagnan. Namun harga obligasi pemerintah menguat. Untuk tenor 10 tahun, imbal hasil turun (yield) tipis 1,2 basis poin (bps).

Penurunan yield menandakan harga obligasi sedang naik. Kemarin, sentimen negatif yang menyelimuti pasar keuangan negara berkembang adalah depresiasi nilai tukar mata uang lira turki. Lira ditutup melemah 8,07% di hadapan dolar as setelah sempat terdepresiasi belasan persen. Langkah presiden turki recep tayyip erdogan yang memecat gubernur bank sentral mendatangkan malapetaka.

Sahap kavcioglu ditunjuk erdogan menjadi gubernur bank sentral turki (tcmb) menggantikan naci agbal pada sabtu pekan lalu. Dua hari sebelumnya, agbal menaikkan suku bunga acuan sebesar 200 basis poin (bps) menjadi 19%. Ini adalah suku bunga acuan tertinggi sejak juli 2018. Kavcioglu punya latar belakang bankir dan anggota parlemen dari partai keadilan dan pembangunan turki (ak parti) yang dipimpin oleh erdogan.

Seperti halnya erdogan, kavcioglu punya pandangan yang serupa yaitu suku bunga tinggi adalah 'biangnya setan'. Oleh karena itu, pasar memperkirakan kavcioglu akan memangkas suku bunga acuan habis-habisan. Di tengah inflasi turki yang tinggi, pemotongan suku bunga tentu bukan sebuah langkah yang bijak. Pada februari 2021, inflasi turki tercatat 15,61% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year).

Ini adalah laju tercepat sejak juli 2019. Saat inflasi tinggi, artinya nilai uang semakin tergerus. Oleh karena itu, peredaran uang harus dikendalikan agar tidak terlalu banyak sehingga nilainya tidak jatuh. Caranya ya dengan suku bunga tinggi,agar masyarakat tergerak menyimpan uang di lembaga keuangan yang kemudian membuat peredaran uang di perekonomian menyusut.

Namun jika benar kavcioglu akan menurunkan suku bunga, maka peredaran lira akan membeludak. 'harga' lira bakal semakin jatuh karena pasokan yang melimpah. Apa yang terjadi turki memang unik, tidak dialami negara-negara lain. Namun anjloknya lira sedikit banyak mempengaruhi pandangan investor terhadap mata uang negara-negara berkembang.

"negara berkembang lainnya tentu tidak dalam posisi yang sama seperti turki. Namun tetap ada efek penularan. Kejadian di turki menjadi pembenaran bagi pelaku pasar untuk mencairkan keuntungan (profit taking) di negara-negara berkembang lain," papar masafumi yamamoto, chief currency strategist di mizuho securitites yang berbasis di tokyo (jepang), seperti dikutip dari reuters. Halaman selanjutnya --> saham tesla dongkrak wall street.


Baca Juga

0  Komentar