IHSG-Rupiah Bisa Berjaya Meski Corona Merajalela

Cnbcindonesia-market   Minggu, 4 Juli 2021

img

Ihsg-rupiah bisa berjaya meski corona merajalela jakarta, cnbc indonesia - sepanjang pekan lalu isu dari dalam dan luar negeri memberikan pengaruh yang signifikan ke pasar keuangan indonesia. Hasilnya, indeks harga saham gabungan (ihsg), rupiah, obligasi indonesia mengalami tekanan. Namun, ihsg masih mencatat kinerja yang cukup bagus, mampu menguat dalam 4 hari beruntun. Bursa kebanggaan tanah air ini anjlok 1,4% di hari senin (28/6/2021), setelahnya sukses mencatat penguatan beruntun hingga mengakhiri perdagangan di 6.023,008, naik sangat tipis 0,01% atau nyaris stagnan.

Pada perdagangan hari ini, senin (4/7/2021), ada kabar baik dan kabar buruk yang mempengaruhi pasar finansial indonesia yang akan dibahas pada halaman 3 dan 4 artikel ini. Balik lagi ke kinerja pekan lalu, rupiah membukukan pelemahan 0,76% ke rp 14.530/us$. Dalam 5 hari perdagangan tidak sekalipun rupiah mampu membukukan penguatan melawan dolar amerika serikat (as). Mata uang garuda kini berada di level terlemah sejak pertengahan april lalu.

Sementara itu dari pasar obligasi, semua surat berharga negara (sbn) mengalami pelemahan, yang tercermin dari kenaikan yield -nya. Harga obligasi berbanding terbalik dengan yield , ketika harga turun maka yield akan naik, begitu juga sebaliknya. Sepanjang pekan lalu, pasar finansial dipengaruhi isu pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (ppkm) mikro darurat yang akan diterapkan pemerintah akibat lonjakan kasus penyakit virus corona (covid-19). Isu tersebut akhirnya terjawab pada kamis (1/7/2021) yang diumumkan langsung oleh presiden joko widodo (jokowi).

"setelah dapatkan banyak masukan, menteri, ahli kesehatan dan kepala darah saya memutuskan untuk memberlakukan ppkm darurat sejak 3 juli hingga 20 juli 2021 khusus untuk jawa bali," kata jokowi melalui youtube sekretariat presiden, kamis (1/7/2021). Poin-poin pengetatan pun sama dengan kabar yang bereda sebelumnya. Meski diketatkan, setidaknya pelaku pasar bisa sedikit lega sebab tidak diterapkannya karantina wilayah atau lockdown , walaupun pusat perbelanjaan, mal, dan pusat perdagangan ditutup. Di awal ppkm mikro darurat, penambahan kasus covid-19 "meledak" lagi dan mencetak rekor tertiinggi sepanjang pandemi.

Perkembangan kasus covid-19 serta dampaknya di bahas pada halaman 4. Merespon ppkm mikro darurat tersebut, ihsg membukukan penguatan beruntun, yang menjadi indikasi respon positif. Meski demikian, investor asing masih keluar dari pasar saham indonesia, aksi jual bersih ( net sell ) tercatat sebesar rp 732 miliar di pasar reguler. Selain itu, dari luar negeri isu tapering atau pengurangan nilai pembelian aset ( quantitative easing /qe) kembali muncul.


Baca Juga

0  Komentar