IMF Ingatkan Dunia soal Risiko Mata Uang Digital

CNN Indonesia - Keuangan   Kamis, 22 April 2021

img

Imf ingatkan dunia soal risiko mata uang digital jakarta, cnn indonesia -- dana moneter internasional (imf) mengakui penggunaan mata uang digital di era masa kini banyak menawarkan keuntungan. Penggunaan mata uang itu memberi potensi untuk membuat layanan keuangan jauh lebih inklusif. "kami telah melihat beberapa keuntungan mata uang digital selama resesi tahun lalu terutama ketika otoritas fiskal di china menggunakan sarana elektronik untuk menargetkan dukungan fiskal kepada konsumen tertentu dengan cara yang membantu. Mereka (uang digital) menurunkan biaya transaksi dalam memegang uang tunai dan memindahkan uang tunai.

Mereka bisa membuatnya lebih aman, " kata kepala misi dan asisten direktur imf di china di departemen asia dan pasifik helge berger seperti dikutip dari xinhua, kamis (22/4). Meski demikian, ia memperingatkan ada risiko yang harus diwaspadai dan diperhatikan dalam penggunaan uang tersebut. Salah satunya, risiko keamanan. #div-gpt-ad-1589441958861-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } "ketika anda beralih dari mata uang cetak ke mata uang elektronik, anda harus memiliki kerangka kerja operasional di sekitarnya yang melibatkan jaringan dan komputer serta protokol keamanan.

Kita harus belajar bagaimana melakukan ini dengan aman," katanya. Selain masalah keamanan, ada juga risiko internasional yang perlu diingat. "jika mata uang elektronik memudahkan penggunaan mata uang suatu negara di negara lain, maka terdapat komplikasi yang berkaitan dengan substitusi mata uang, yang dapat berdampak pada kemampuan bank sentral nasional untuk mengontrol suplai uang domestik, kredit domestik dan inflasi," ujarnya. Berger mengatakan sejumlah bank sentral kini sedang bereksperimen atau berpikir untuk meluncurkan versi digital mata uang mereka. salah satunya, china.


Baca Juga

0  Komentar