IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan RI, Kemenkeu: Kita Yakin Pulih Signifikan

Tempo   Kamis, 8 April 2021

img

Imf pangkas proyeksi pertumbuhan ri, kemenkeu: kita yakin pulih signifikan gedung kementerian keuangan atau kemenkeu. Dok tempo tempo.co , jakarta - kepala badan kebijakan fiskal kementerian keuangan febrio nathan kacaribu angkat bicara menanggapi proyeksi dana moneter internasional atau imf atas pertumbuhan ekonomi indonesia pada tahun ini. Sebelumnya imf memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi di tanah air pada tahun ini dari sebelumnya 4,8 persen menjadi 4,3 persen. Sebaliknya, imf justru menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global dari 5,5 persen menjadi 6 persen.

Febrio menjelaskan, yang perlu diperhatikan dari rilis imf tersebut adalah waktu kajiannya. “yang dilakukan ini adalah analisis awal tahun dan dirilis kemarin. Jadi kita selalu menggunakan data yang paling update,” katanya, kamis, 8 april 2021. Mengacu pada dua bulan terakhir, kata febrio, beberapa sektor menunjukkan sinyal perbaikan baik itu sisi konsumsi maupun investasi.

Oleh karena itu, pemerintah masih optimistis proyeksi ekonomi masih seperti yang ditetapkan sebelumnya, yaitu 4,5 persen sampai 5,3 persen. Jarak angka tersebut menunjukkan ketidakpastian masih ada. Penyebabnya, saat ini muncul varian covid-19 baru. Febrio menjelaskan, beberapa negara di dunia pun tengah mengalami gelombang ketiga pandemi sehingga harus disiplin dalam penanganannya.

“indonesia cukup disiplin dan tidak ada kenaikan kasus (yang melonjak). Kita optimistis meski di tengah ketidakpastian, kita akan pulih signifikan,” ucapnya. Pemerintah yakin pemulihan ekonomi diperkirakan berlanjut karena program vaksinasi terus dipercepat dengan jumlah pasokan yang memadai. Tak hanya itu, pemerintah juga optimistis apbn bekerja ekspansif juga konsolidatif yang difokuskan untuk melanjutkan penanganan pandemi dan memperkuat pemulihan ekonomi.


Baca Juga

0  Komentar