Insentif Ribuan Nakes Belum Cair, Ini Jawaban Kemenkeu

Ekonomi - Bisnis   Rabu, 24 Maret 2021

img

Insentif ribuan nakes belum cair, ini jawaban kemenkeu bisnis.com , jakarta - pemerintah masih memiliki tunggakan untuk insentif tenaga kesehatan (nakes) tahun 2020 sebesar rp3,39 triliun. Rinciannya, di pusat rp1,48 triliun dan daerah rp1,91 triliun. Kementerian keuangan (kemenkeu) membeberkan kenapa masih belum bisa mencairkan. Direktur jenderal anggaran kemenkeu isa rachmatarwata mengatakan bahwa anggaran tersebut sudah dialokasikan.

Akan tetapi saat ini sedang dalam kajian dan verifikasi badan pengawasan keuangan dan pembangunan (bpkp). “untuk tunggakan insentif nakes yang dikelola rumah sakit-rumah sakit di bawah kementerian kesehatan ada rp1,48 triliun. Dana sudah tersedia. Sebagian dari dana untuk kementerian kesehatan ini rp2,8 triliun.

Ini termasuk insentif-insentif nakes,” katanya melalui konferensi pers, selasa (23/3/2021). Isa menjelaskan bahwa nakes tidak perlu khawatir karena insentif untuk mereka pasti akan diberikan. Bahkan pemerintah telah menganggarkannya sampai juni 2021. “kami akan coba komunikasi dengan bpkp dan kementerian kesehatan untuk melihat verifikasi yang sedang berlangusng.

Semoga bisa diselesaikan,” jelasnya. Sebelumnya, kementerian kesehatan memastikan bahwa rencana pemotongan insentif kepada tenaga kesehatan tidak jadi diberlakukan. Tahun ini, kemenkes membutuhkan anggaran rp16,83 triliun untuk insentif tenaga kesehatan. Wakil menteri kesehatan dante saksono menyatakan bahwa instansinya mengusulkan tambahan anggaran rp134,46 triliun untuk penanganan covid-19 pada 2021.


Baca Juga

0  Komentar