Jasa Marga Berhasil Raup Laba Bersih Rp501 M Pada 2020

Media Indonesia - Ekonomi   Selasa, 30 Maret 2021

img

Jasa marga berhasil raup laba bersih rp501 m pada 2020 seiring dengan pengoperasian jalan tol baru, pt jasa marga (persero) berhasil membukukan laba bersih sebesar rp501,05 miliar sesuai laporan keuangan audited perseroan pada 2020. Corporate secretary pt jasa marga (persero) tbk. M. Agus setiawan menyebut pihaknya mencatat margin ebitda sebesar 62,42% atau sebesar rp5,98 triliun.

Lalu, dia menambahkan, dengan adanya penurunan volume lalu lintas dan pendapatan tol sebagai imbas dari diterapkannya kebijakan work from home (wfh) dan pembatasan sosial berskala besar (psbb) di berbagai daerah pada kuartal ii dan iii tahun 2020, menyebabkan terjadinya penurunan pendapatan tol perseroan pada 2020 menjadi sebesar rp8,76 triliun. "selain itu, seiring dengan beroperasinya beberapa ruas tol baru di 2020, total aset perseroan tercatat sebesar rp104,08 triliun, tumbuh sebesar 4,4% jika dibandingkan 2019," jelas agus dalam keterangannya, selasa (30/3). Kemudian, dari sisi pendanaan untuk mendukung likuiditas, perseroan tersebut menerbitkan obligasi berkelanjutan ii jasa marga tahap i pada tanggal 8 september 2020 senilai rp2 triliun. Adapun, lanjut agus, permintaan yang masuk untuk obligasi berkelanjutan ii tersebut mencapai angka rp2,7 triliun melebihi nilai yang ditawarkan.

Dana hasil penerbitan obligasi tersebut akan digunakan pihaknya untuk modal kerja, pemeliharaan jalan tol, peningkatan fasilitas dan sarana penunjang jalan tol lainnya. Dia juga menyampaikan, untuk menambah diversifikasi produk pendanaan, perusahaan pelat merah itu menerbitkan surat berharga komersial atau commercial paper dengan nama instrumen sbk i pt jasa marga (persero) tbk 2020 (sbk jasa marga) dengan nilai rp566 miliar yang terdaftar di bank indonesia (bi). "dengan berhasil diterbitkannya sbk jasa marga, kami berhasil menambah portofolio pendanaan serta basis investor baru yang akan berdampak semakin kompetitifnya cost of debt perseroan," jelas agus. Dari sisi pembangunan proyek, di akhir september 2020, jalan tol manado-bitung ruas manado-danowudu yang dikelola oleh jasa marga, telah diresmikan oleh presiden joko widodo.


Baca Juga

0  Komentar