Kasus Asabri, Kejagung Kembali Periksa 3 Saksi Pihak Swasta

Media Indonesia   Jumat, 2 Juli 2021

img

Kasus asabri, kejagung kembali periksa 3 saksi pihak swasta tim jaksa penyidik pada direktorat penyidikan jaksa agung muda bidang tindak pidana khusus (jampidsus) hari ini melakukan pemeriksaan terhadap 3 orang saksi dari pihak swasta terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) pada ptasuransi angkatan bersenjata republik indonesia (asabri). Kepala pusat penerangan hukum kejagung, leonard eben ezer simanjuntak menjelaskan pemeriksaan ketiganya dilakukan untuk mencari keterangan yang dapat digunakan dalam mengembangkan pemeriksaan kasus asabri. Pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan covidu-19. "untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada pt asabri," ungkap leonard dalam keterangannya yang ia sampaikan di jakarta, jumat (2/7).

Adapun ketiga saksi yang diperiksa tersebut yakni as selaku direktur utama pt anugrah singgah sentosa, tkw selaku wiraswasta, dan rns selaku administaris pt anugrah singgah sentosa. Pemeriksaan ketiganya terkait dengan proses klarifikasi blokir single investor identification (sid). Sebelumnya, pada selasa (29/6) kejaung telah memeriksa fbt selaku direktur utama pt ciptadana sekuritas asia periode 2012 - 2019. Fbt diperiksa terkait pendalaman broker dalam perusahaan sekuritas.

Pada pemeriksaan rabu pekan lalu, korps adhyaksa juga memeriksa sebanyak 7 orang saksi, di mana 4 di antaranya merupakan investor saham swasta yang diperiksan terkait pemblokiran sid saham. Sebelumnya, korps adhyaksa sudah menetapkan sembilan nama sebagai tersangka di kasus ini. Mereka antara lain mayjen purn adam rachmat damiri (ard) sebagai direktur utama asabri periode 2011-2016, letjen purn sonny widjaja (sw) sebagai direktur utama asabri periode 2016-2020, dan bachtiar effendi (be) sebagai kepala divisi keuangan dan investasi asabri periode 2012-2015. Lainnya yakni hari setianto (hs), direktur investasi dan keuangan asabri periode 2013-2019.


Baca Juga

0  Komentar