Khawatir Jumlah Utang Indonesia yang Capai Triliunan, Komisi XI: Bisa Buat Ekonomi Negara Kolaps

Pikiran Rakyat   Rabu, 28 April 2021

img

Khawatir jumlah utang indonesia yang capai triliunan, komisi xi: bisa buat ekonomi negara kolaps pikiran rakyat - anggota komisi xi dpr , marwan cik asan menyampaikan kekhawatirannya terhadap jumlah utang milik indonesia. Pasalnya, utang pemerintah indonesia dikabarkan membengkak dan hingga akhir 2021 tercatat telah mencapai 6 triliunan lebih. Terlebih ketika mengetahui bahwa utang tersebut terdiri dari 85,90 persen sbn dan 14,10 persen pinjaman. "ini kondisi yang mengerikan.

Karena rasio utang telah mencapai 39,46 persen. Jika utang pemerintah digabungkan dengan utang bumn maka total utang mencapai rp. 12.269,63 triliun, dengan rasio utang mencapai 79,5 persen dari pdb," katanya menjelaskan. Hal tersebut ia sampaikan jika merujuk pada ambang batas 60 persen yang ditetapkan undang-undang.

Dijelaskannya, utang pemerintah indonesia memang masih dikatakan aman, namun jika digabungkan dengan utang bumn, rasionya telah melampaui ketentuan undang-undang. Ia bahkan mengkhawatirkan kondisi ini justru akan membuat perekonomian indonesia kolaps. "ini bisa membuat keuangan negara kolaps,’’ kata marwan. Editor: mitha paradilla rayadi sumber: seputar tangsel.


Baca Juga

0  Komentar