Kinerja Keuangan BUMN Konstruksi Menurun, Dahlan Iskan: Sulit atau Sulit Sekali

Suara Dewan   Selasa, 6 April 2021

img

Kinerja keuangan bumn konstruksi menurun, dahlan iskan: sulit atau sulit sekali jakarta, suaradewan.com — bekas menteri badan usaha milik negara (bumn) dahlan iskanmembeberkan pandangannya terhadap kinerja keuangan bumn sektor konstruksi yang dinilai ‘ haus hingga ke kerongkongan ‘. Hal ini terlihat dari laporan keuangan beberapa bumn karya yang ternyata mengalami rugi, atau mengalami penurunan laba dari periode sebelumnya. “sudah agak lama para pengamat ekonomi memprediksi: bumn kelompok infrastruktur tinggal tunggu waktu, sulit atau sulit sekali,” ujarnya dalam tulisan pribadinya di lama di’s way, dikutip minggu (4/4). Menurutnya, pekerjaan infrastruktur memang gegap gempita beberapa tahun terakhir.

Namun sekuat-kuatnya perusahaan infrastruktur, tetap saja harus mengandalkan sumber dana dari pihak ketiga. Sementara, pihak ketiga seperti bank juga harus tetap tunduk pada peraturan di bidang perbankan. Lanjutnya, ketika bank sudah tidak bisa memberi pinjaman, maka pilihannya tinggal obligasi, mtm dan sejenisnya. Namun, kemungkinan bunga yang diterapkan akan lebih tinggi.

Apalagi, jika obligasi sudah jatuh tempo dan perusahaan terbukti gagal bayar, pilihannya hanya menerbitkan obligasi baru dengan bunga yang lebih tinggi. Bahkan, jika menggunakan opsi right issue di pasar modal, bumn tetap punya batasan menjual saham ke publik, yaitu 50 persen saja. “perkiraan saya, merosotnya kinerja keuangan mereka sebagian besar akibat kemakan bunga tinggi,” ujarnya. [lip/azz] 2.119.


Baca Juga

0  Komentar