Kiprah Perempuan di Era Pandemi

Headtopics   Rabu, 21 April 2021

img

Kiprah perempuan di era pandemi ikuti serial discusshe : kiprah perempuan di era pandemi daftar di dapatkan : free e-sertifikat, langganan tempo digital, serta menangkan 3 pcs kaos menarik pada tiap session diskusi dengan syarat & ketentuan berlaku. Penurunan kegiatan perekonomian juga berakibat kepada perempuan. Kegiatan usaha menurun, pemutusan hubungan kerja dan beban ganda dalam keluarga. Survei angkatan kerja badan pusat statistik (bps) februari 2020 mencatat perempuan memiliki pendapatan 23 persen lebih rendah dari laki-laki.

Kreativitas dan mencari peluang usaha baru menjadi peluang dalam menghadapi pandemi. Perempuan melakukan beragam inovasi selama wabah virus corona, seperti melakukan kegiatan usaha dengan memanfaatkan sosial media, melakukan aktivitas usaha di rumah, mendampingi anak belajar daring sampai menjadi relawan covid-19. Selama pandemi perempuan berada di garis depan sebagai pekerja kesehatan, innovator hingga penggiat komunitas. Perempuan yang berada di level pengambilan keputusan, seperti anggota parlemen, pimpinan perusahaan dan menteri, ikut memimpin penanggulangan dan pemulihan covid-19.

Headtopics.com di sisi lain, peran perempuan di posisi top manajemen perusahaan juga semakin banyak. Hal ini tidak hanya membawa perubahan dalam kepemimpinan tapi juga bagaimana perempuan mampu memberikan sudut pandang dan solusi berbeda selama pandemi. Menurut laporan tahunan grant thornton berjudul women in business 2021 menyebutkan jumlah perempuan memegang posisi manajemen senior di perusahaan secara global naik 31 persen selama pandemi. Tempo media group akan mengadakan serangkaian kegiatan memperingati hari kartini 2021.

Kegiatan yang dilakukan di antaranya diskusi online dan edisi khusus peran perempuan di masa pandemi.peserta diskusi:pemerintah pusat dan daerah, kementerian/lembaga atau instansi terkait, pelaku usaha, akademisi serta masyarakat umum agenda diskusi:tanggal/waktu : selasa, 20 april 2021topik : ruu pks dan keberpihakan negara terhadap perempuanrancangan undang-undang penghapusan kekerasan seksual atau ruu pks dalam program legislasi nasional (prolegnas) 2021 dinilai wujud keberpihakan negara kepada perempuan dan korban kekerasan seksual. Ruu pks merupakan satu dari 33 ruu prolegnas prioritas yang ditetapkan dalam rapat paripurna dpr, selasa, 23 maret 2021. Agenda hari-2tanggal/waktu : rabu, 21 april 2021topik : pemulihan ekonomi nasional dan perempuan tangguh di masa pandemiketika laki-laki mengalami pemutusan hubungan kerja (phk) akibat pandemi maka alternatif pekerjaan yang dapat dilakukan adalah memfokuskan pada pekerjaan istri atau disebut juga strategi nafkah ganda. Misalnya istri awalnya bekerja sebagai pedagang kecil-kecilan, setelah suami di-phk maka pekerjaan suami pun ikut ke istri yaitu berdagang.

Pemerintah pun dalam membantu para pengusaha mikro kecil meluncurkan bantuan presiden produktif usaha mikro ( bpum ) umkm. Bantuan ini diberikan perorangan atau per pelaku usaha mikro sebesar rp 2,4 juta, dengan target sebanyak 12 juta penerima. Headtopics.com agenda hari-3tanggal/waktu : kamis, 22 april 2021topik : perjuangan perempuan melawan covid – 19 dan peran ganda tenaga medis perempuan di garda terdepanseorang istri atau ibu memiliki peran penting untuk membimbing keluarganya ketika di dalam rumah. Berbagai informasi terkait covid-19 dapat disampaikan langsung dengan cara yang paling tepat.

Dalam hal ini, suami juga memiliki bagian untuk membantu istri mengarahkan dan membimbing anak-anaknya agar tetap terlindungi dari covid-19. Perempuan memiliki andil besar dalam penerapan protokol kesehatan di keluarga. Mengingat, penularan juga terjadi di klaster keluarga. Agenda hari-4tanggal/waktu : jumat, 23 april 2021topik : perempuan dan ekonomi digitalmenteri keuangan sri mulyani indrawati mengatakan ekonomi digital justru kebal di tengah pandemi.

Pertumbuhan ekonomi digital melonjak hingga 300 persen selama pagebluk. Di era digitalisasi ini, batas-batas fisik tidak lagi menjadi kendala. Sehingga perempuan harus berani berkarya di segala bidang termasuk berperan dalam sektor ekonomi. Dengan kata lain di era digitalisasi yang makin cepat berkembang ini, ketimpangan gender justru semakin kecil.


Baca Juga

0  Komentar