Masih Jauh dari Target, Ini 4 Upaya Kemenkes Genjot Vaksinasi Lansia : Okezone Lifestyle

Buzz Feed   Selasa, 4 Mei 2021

img

Masih jauh dari target, ini 4 upaya kemenkes genjot vaksinasi lansia : okezone lifestyle sesuai arahan menteri kesehatan budi gunadi sadikin, sejak bulan ramadhan hingga idul fitri program vaksinasi nasional akan berkonsentrasi pada vaksinasi lansia atau orang-orang lanjut usia. Ini bertujuan menekan angka kasus positif covid-19 di indonesia, jelang lebaran yang banyak menggelar acara kumpul keluarga besar. Mengingat, lansia masuk kategori kelompok risiko tinggi terinfeksi covid-19. Sayangnya di lapangan cakupan vaksinasi covid-19 untuk kelompok lansia masih sangat rendah.

Berdasarkan data hingga 29 april 2021, baru 2.520.487 lansia yang menerima suntikan dosis pertama vaksin covid-19, dan 1.499.869 lansia yang menerima dosis kedua. Ini artinya baru 12 persen lansia yang menerima dosis pertama dan 7 persen menerima dosis kedua. Angka tersebut masih jauh sekali dari target yang diharapkan yaitu 21.553.118 lansia yang menerima vaksin covid-19. Melihat kenyataan di lapangan, kementerian kesehatan berupaya keras menggenjot vaksinasi covid-19 untuk lansia agar targetnya bisa segera terkejar.

Berikut empat upaya kemenkes untuk menggenjot jumlah vaksinasi covid-19 pada kelompok lansia. 1. Gebyar vaksin lansia disebutkan dr prima yosephine bt hutapea, direktur jenderal pencegahan dan pengendalian penyakit kemenkes, bertepatan dengan peringatan hari lansia nasional, kemenkes akan memanfaatkan dua pekan dari 19 sampai 27 mei untuk menghelat acara gebyar vaksinasi lansia. “teknis penyelenggaraannya, kemenkes akan bekerja sama dengan kemensos dan beberapa organisasi lansia untuk bisa memetakan lansia yang belum terlayani vaksin covid-19.

Sejauh ini tentang pemetaan kelompok lansia mana yang belum divaksin tersebut disebutkan sudah ada surat edarannya untuk ke dinas kesehatan terkait,” ujar dr prima dalam diskusi virtual, selasa (4/5/2021). 2. Program 2+1 untuk mendorong makin banyak lansia datang ke lokasi vaksinasi, kemenkes mengadakan program 2+1, yakni 1 orang (non-lansia) bisa membawa 2 orang lansia ke lokasi vaksinasi untuk disuntik maka orang yang mengantar tersebut bisa mendapatkan vaksin covid-19. Dokter prima mengatakan program ini bertujuan agar lansia bisa semakin cepat dibawa ke lokasi vaksinasi untuk menerima vaksin covid-19.

3. Kerja sama dengan swasta kemenkes juga aktif bekerja sama dengan berbagai pihak swasta untuk akses mobilisasi lansia dengan menyediakan layanan antar-jemput vaksinasi. Sehingga, orang lansia bisa dijemput dan diantar usai disuntik vaksin. 4.


Baca Juga

0  Komentar