Mengapa Musk dan Yellen Khawatir tentang Penggunaan Energi Bitcoin?

Beritasatu-ekonomi   Minggu, 16 Mei 2021

img

Mengapa musk dan yellen khawatir tentang penggunaan energi bitcoin? new york, beritasatu.com - keputusan elon musk menghentikan bitcoin sebagai alat pembayaran mobil listrik tesla telah menyebabkan pengawasan baru terhadap dampak lingkungan mata uang kripto. Musk mengatakan rabu (12/5/2021) bahwa penghentian ini karena kekhawatiran penggunaan bahan bakar fosil yang meningkat pesat untuk penambangan bitcoin. Dia menyinggung data peneliti di universitas cambridge yang menunjukkan lonjakan penggunaan listrik bitcoin tahun ini. Namun demikian, tesla tidak akan menjual bitcoinnya yang saat ini nilainya mencapai us$ 2,5 miliar.

Namun transaksi bitcoin baru akan kembali dilakukan setelah adanya transisi ke energi yang lebih berkelanjutan. “kami juga melihat cryptocurrency lain yang menggunakan cuitan musk mengguncang pasar cryptocurrency , yang telah merosot us$ 365,85 miliar. Sebagai gambaran, produsen mobil tesla memiliki koin digital senilai us$ 2,5 miliar. Mengapa musk khawatir? kritikus bitcoin telah lama mewaspadai penambangan bitcoin akan berdampak terhadap lingkungan.

Cryptocurrency menggunakan lebih banyak energi daripada pemakaian seluruh negara seperti swedia dan malaysia, menurut indeks konsumsi listrik bitcoin cambridge. Untuk memahami mengapa bitcoin sangat boros energi, anda harus melihat teknologi yang mendasarinya, blockchain. Buku besar publik bitcoin bersifat desentralisasi, artinya tidak dikontrol oleh otoritas tunggal mana pun. Hal itu terus diperbarui oleh jaringan komputer di seluruh dunia.

Para penambang bitcoin ini menjalankan komputer yang dibuat khusus untuk memecahkan teka-teki matematika yang kompleks untuk membuat transaksi berhasil. Ini adalah satu-satunya cara untuk mencetak bitcoin baru. Penambang tidak menjalankan operasi ini secara gratis. Mereka harus mengeluarkan banyak uang untuk peralatan khusus.

Insentif utama dari model bitcoin, yang dikenal sebagai "bukti kerja", adalah janji untuk mendapatkan beberapa bitcoin jika anda berhasil menyelesaikan algoritme hashing yang kompleks. Perlu dicatat bahwa dogecoin, yang harganya naik akhir-akhir ini karena dukungan dari musk, juga menggunakan mekanisme bukti kerja. Profesor di university of sussex business school, carol alexander menyebutkan bahwa kesulitan penambang bitcoin karena ukuran dari upaya jaringan yang diperlukan untuk menambang cryptocurrency terus naik dalam 3 tahun terakhir. "semakin banyak listrik yang digunakan, itu berarti bahwa kesulitan jaringan juga akan meningkat (dan) lebih banyak penambang yang datang karena tingkat hash akan meningkat," kata dia, dikutip jumat (14/5/2021).

Harga bitcoin telah naik hampir 70% sepanjang tahun ini. Seiring kenaikan harga, pendapatan bagi penambang juga meningkat, mendorong lebih banyak peserta untuk menambang cryptocurrency. Sementara itu, musk bukanlah satu-satunya yang khawatir tentang dampak lingkungan dari bitcoin. Pada bulan februari, menteri keuangan janet yellen memperingatkan bahwa koin digital sangat tidak efisien karena menggunakan jumlah emergi yang besar dan mengejutkan.

Apakah bitcoin benar-benar merusak lingkungan? cnbc menyebut bahwa di satu sisi, jaringan bitcoin menggunakan jumlah energi yang tak terduga. Sebagian besar penambangan bitcoin terkonsentrasi di tiongkok, yang ekonominya masih sangat bergantung pada batu bara. Bulan lalu, tambang batu bara di wilayah xinjiang kebanjiran dan ditutup. Kondisi ini berdampak pada offline-nya hampir seperempat dari tingkat hash atau jaringan bitcoin menurut publikasi industri crypto coindesk.

Pada maret, wilayah mongolia dalam tiongkok mengatakan akan menghentikan operasi penambangan cryptocurrency di wilayah tersebut karena kekhawatiran atas konsumsi energi. Di sisi lain, investor bitcoin telah berusaha untuk mendorong kembali narasi bahwa itu berbahaya bagi lingkungan. Meskipun sulit untuk menentukan bauran energi yang menggerakkan bitcoin, beberapa di industri kripto mengatakan penambang diberi insentif untuk menggunakan energi terbarukan karena semakin murah untuk memproduksinya. Di tionhkok, provinsi sichuan dikenal menarik para penambang karena listriknya yang murah dan sumber tenaga air yang kaya.


Baca Juga

0  Komentar