Mengingat Operasi Militer Prajurit Kopassus, Sudah Pensiun Kini jadi Menteri Jokowi

IJN   Jumat, 16 April 2021

img

Mengingat operasi militer prajurit kopassus, sudah pensiun kini jadi menteri jokowi dirgahayu komandan pasukan khusus (kopassus) ke 69. Korps baret merah merupakan bagian dari komando tempur dari tni ad yang dikenal sebagai pasukan elite paling disegani. Dalam perjalanannya, prajurit kopassus banyak diterjunkan dalam operasi-operasi militer. Sejumlah nama tercatat pensiun dengan pangkat jenderal.

Bahkan saat ini masih mengabdi bagi bangsa dan negara.bekerja menjadi menteri di era jokowi. Sebut saja luhut pandjaitan yang dipercaya menteri kemaritiman dan investasi, lalu prabowo subiyanto yang menjadi menteri pertahanan di periode kepemimpinan presiden joko widodo (jokowi). Operasi apa saja yang berhasil dijalankan oleh prajurit korps baret merah ini? simak lebih lanjut informasinya. Kopassus menuai pujian pada operasi pembebasan sandera di belantara papua.

Selama 130 hari, organisasi papua merdeka (opm) telah memberi mimpi buruk pada 12 peneliti tim lorentz yang mengumpulkan data di mapenduma, papua. Senin 8 januari 1996, ratusan anggota opm yang dipimpin oleh daniel yudas kogoya menculik mereka dari base camp. Kasus yang mencuat menjadi pemberitaan di berbagai negara, karena melibatkan warga negara asing. Para sandera di bawa blusukan ke belantara hutan papua dan kekurangan makan, hingga beberapa menjadi sakit.

©istimewa brigjen prabowo subianto saat itu komandan jenderal kopassus ditunjuk memimpin operasi. Bersama pasukan batalyon lintas udara kostrad 330 dan pasukan penjejak, terdiri dari putra-putra irian milik kodam cendrawasih. Prabowo mempersilakan tim international committee of the red cross (palang merah internasional) untuk melakukan perundingan dengan opm. Karena ada salah seorang sandera yang tengah hamil.

Sayangnya rundingan berliku dan menempuh jalan buntu. Dua orang sandera dibunuh menggunakan kampak pada 15 mei. Opm berniat membunuh seluruh sandera indonesia dan tetap menyandera para wna. Pasukan pimpinan kapten agus rochim, menemukan pembalut wanita dan permen yang tercecer di hutan untuk terus mencari jejak opm.

Prabowo bersama tim berkekuatan 25 orang bertahan di hutan, berhasil mengamankan lokasi dan mengevakuasi korban. Para peneliti akhirnya bisa menghirup napas lega. Operasi woyla menjadi tiga menit yang paling menegangkan dalam sejarah kopassus. Letkol sintong panjaitan ditunjuk memimpin operasi.

“komando! komando! semua tiarap! tiarap!,” sebuah teriakan mengejutkan di kabin pesawat dc-9 pukul 02.45 waktu bangkok. Aksi pembebasan sandera garuda woyla melambungkan nama kopassus lagi. Sabtu 28 maret 1981, setelah pesawat transit di palembang, tiba-tiba seorang pria berpistol memasuki ruang kokpit. ©2015 angkasa/dn yusuf herman rante sang kapten pilot dipaksa mengalihkan penerbangan ke colombo, srilanka.

Karena bahan bakar tidak cukup, akhirnya pesawat mendarat di penang, lalu menuju bandara don muang, bangkok. Pembajak yang beranggotakan lima orang itu menuntut pemerintah indonesia, untuk membebaskan 80 anggota komando jihad yang dipenjara. Presiden soeharto menjawab tuntutan dengan aksi militer. Pemerintah thailand telah memberi ijin melakukan operasi militer di bandara don muang.

Penyanderaan pesawat garuda dc-9 woyla itu berakhir dalam waktu tiga menit. Para pasukan menerima bintang sakti, penghargaan tertinggi dalam militer indonesia. Mayor sutiyoso memimpin operasi sandi yudha di aceh, bertugas menangkap semua petinggi gam hidup-hidup sekitar tahun 1978. Kopassus yang diterjunkan hanya terbatas dan pasukan pilihan.

Harus jago menembak, bernyali besar, cerdik, serta mengambil hati masyarakat. Momen paling dramatis pada operasi ini ketika penangkapan menteri keuangan gerakan aceh merdeka (gam), tengku muhammad usman lampoh awe. Sutiyoso menyamar jadi sopir si pengusaha. Dia menjemput usman di persembunyiannya bersama sang pengusaha dan sekretarisnya.

Kemudian mengajak usman mengambil uang di hotel. Momen menegangkan, setiap detik berlalu. Sutiyoso sudah mengokang pistol dan menyembunyikan di balik jaket. Anggota lain telah siaga 75 meter dari lokasi.

Dalam biografi sutiyoso the field general, totalitas prajurit para komando tertuang kisah rencana penyamaran untuk membekuk gam. Luhut binsar panjaitan menjadi saksi momen langka operasi seroja. Pada 1975, terbang selama enam jam dari lanud iswahyudi, madiun menuju kota dili, timor-timor. Mereka dihadapkan pada situasi yang menuntut kesiap-siagaan.

Ketika hendak terjun dari pesawat, musuh langsung mengarahkan tembakan ke prajurit kopassus. Mantan komandan kompi a satgas nanggala v di kota dili ini menceritakan betapa lelahnya para prajurit yang setiap hari harus membawa senjata lengkap, menggendong ransel seberat 35 kilogram. “ada tembakan, pesawat belok. Ada (prajurit) yang masuk di laut.


Baca Juga

0  Komentar