Mengukur Dampak Konflik di Palestina terhadap Ekonomi Indonesia

Investor   Senin, 24 Mei 2021

img

Mengukur dampak konflik di palestina terhadap ekonomi indonesia presiden soekarno dalam pidatonya tahun 1962 pernah berujar, “selama kemerdekaan bangsa palestina belum diserahkan kepada orang-orang palestina, maka selama itulah bangsa indonesia berdiri menentang penjajahan israel.” prediksi bung karno tersebut terbukti benar adanya. Selama 75 tahun indonesia merdeka, indonesia menjadi salah satu negara di dewan keamanan pbb yang paling vokal menentang pen jajahan israel dan mendukung kemerdekaan bangsa palestina. Perjuangan bung karno tersebut dilanjutkan oleh presiden indonesia kini. Presiden joko widodo (jokowi) mengutuk keras bahwa tindakan israel mengusir warga palestina dari sheikh jarrah, yerusalem timur, dan menyerang warga sipil palestina di masjid al-aqsa, merupakan tindakan yang tidak dapat dibiarkan.

Sikap tegas presiden joko widodo mencerminkan semangat dari pembukaan uud republik indonesia bawa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka_ penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Di tengah konflik yang makin memanas antara israel-palestina, ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan masyarakat dunia termasuk indonesia terkait dengan perubahan kondisi geopolitik yang terjadi di timur tengah dan dunia secara keseluruhan. Penulis melihat konflik ini jika berlarut-larut kemungkinan dapat mengancam stabilitas keamanan kawasan timur tengah dan lebih luas dapat berdampak terhadap naiknya volatilitas harga komoditas energi paling penting di dunia, yaitu minyak dan gas. Ada beberapa faktor yang menyebabkan konflik israel- palestina kali ini jika dibiarkan berlarut-larut akan menyeret kekuatan re gional yang lebih besar untuk ikut masuk ke dalam konflik dan menyebabkan konflik yang lebih besar dan luas.

Pertama , sejak lima tahun terakhir hubungan israel serta amerika serikat sebagai sekutu utama israel di timur tengah semakin memburuk dengan iran sebagai ancaman utama israel di timur tengah. Sejak donald trump menjadi presiden amerika serikat (as), hubungan as dan isreal terhadap iran berada di titik terendah setelah jenderal khasim soleimani dibunuh di perbatasan irak-iran dengan perintah langsung dari trump. Selain itu, sabotase israel di situs-situs penting nuklir iran juga semakin memperburuk hubungan kedua pihak. Konflik palestina-israel kali ini kemungkinan akan menjadi jalan bagi iran untuk melakukan pembalasan atas serangkaian serangan israel dan as selama ini.

Hal ini dapat dilihat dari pernyataan jenderal garda revoulsi iran esmail qaani yang memberikan selamat dan mendukung penuh serangan roket-roket gaza ke israel. Menariknya, serangan roket yang diarahkan ke israel ternyata tidak hanya berasal dari gaza tetapi juga dari suriah dan lebanon yang merupakan negara yang memiliki basis hubungan yang kuat dengan iran. Hubungan antara suriah dan israel pun tidak kalah buruknya. Sejak terjadi nya pecah perang saudara di suriah, israel memang kerap menyerang wilayah suriah yang dianggap pro dengan rezim bashar al-assad yang juga merupakan musuh as.

Banyak yang menilai bahwa konflik kali ini akan dengan mudah dan cepat dimenangkan israel dan as seperti yang sudah-sudah. Hal itu mengingat kekuatan iran, suriah dan gaza tidak akan sebanding dengan kekuatan israel plus as dari segala sisi. Konflik ini kemunginan akan berakhir dengan semakin meluasnya wilayah pendudukan israel di yerusalem timur. Namun, faktor kedua , kemungkinan luput dari kebanyakan analis geopolitik dan pemerhati hubungan internasional.

Faktor kedua ini adalah peran rusia dan tiongkok di timur tengah. Jika as dan israel sangat leluasa dalam memenangkan konflik di timur tengah sejak uni soviet runtuh di tahun 1991, kali ini sepertinya pe rang di timur tengah akan jauh lebih sulit dimenangkan as. Hal ini tidak lain karena mulai aktifnya rusia dan tiongkok dalam konflik di timur tengah. Hal itu terbukti dari masih bertahannya rezim bashar al-assad di suriah, yang semua berkat bantuan dan campur tangan rusia di suriah.

Bantuan persenjataan dan militer rusia bagi suriah, hingga kini, dapat menjaga assad mempertahankan ke kuasaannya melawan kekuatankekuatan militer anti pemerintah yang didukung oleh barat. Untuk mempertegas bantuan rusia ke suriah, baru-baru ini rusia membangun pangkalan militer permanen di pinggiran timur homs suriah. Dengan demikian akan semakin sulit bagi israel untuk dapat menjatuhkan assad serta kekuatankekuatan militer yang dibantu oleh iran di suriah tanpa berkonflik dengan rusia. Kekhawatiran konflik israel-rusia juga diantisipasi oleh perdana menteri (pm) israel benjamin netanyahu_yang mengklaim bahwa kedua negara bisa berperang bila kedua pemimpin (netanyahu dan putin) tidak memiliki hubungan dekat.

Di saat yang sama hubungan antara as-rusia juga semakin memburuk pasca terpilihnya joe biden sebagai presiden as. Biden kembali menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap rusia dengan melarang lembaga-lembaga keuangan as untuk membeli surat utang negara rusia langsung dari bank sentral rusia serta mengusir beberapa diplomat rusia. Konflik israel-palestina kali ini kemungkinan bisa membuka ruang terjadinya proxy war antara as dan rusia di timur tengah. Hal yang juga membuat situasi makin rumit bagi israel untuk mengalahkan kekuatan sayap militer iran di timur tengah adalah semakin aktifnya tiongkok di dalam politik timur tengah.

Baru-baru ini tiongkok dan iran menandatangani perjanjian bernilai us$ 400 miliar (dikutip dari new york times ) sebagai bagian dari proyek investasi 25 tahun tiongkok di iran. Selain menjalin kerja sama saling menguntungkan, iran juga de ngan senang hati mau menerima yuan sebagai pembayaran mata uang untuk ekspor minyaknya ke tiongkok. Sejak 2012 sudah tercatat paling tidak ekspor iran ke tiongkok senilai us$ 20 miliar yang dibayar dengan mata uang yuan lewat bank-bank di rusia. Bagi tiongkok, ini akan semakin memperkukuh yuan sebagai tan dingan dollar sebagai mata uang global.

Bagi iran, menggunakan yuan tiongkok merupakan salah satu jalan keluar dari sanksi-sanksi yang selama ini dikenakan sepihak oleh as. Iran menjadi salah satu negara selain rusia yang mau menerima yuan sebagai alat pembayaran internasional. Rusia dan tiongkok juga melihat konflik palestina-israel semakin serius dalam siding-sidang di pbb. Selang beberapa hari pascaserangan israel di al-aqsa, rusia langsung mengutuk keras serangan ter sebut dan menganggap israel sudah melampaui batas hukum internasional.

Respons yang keras dari rusia tersebut langsung disambut oleh presiden turki erdogan dengan meminta presiden rusia vladimir putin untuk memberi pelajaran kepada israel. Melihat semakin rumitnya konflik antara israel-palestina di tengah konstalasi geopolitik yang memanas antara kekuatan-keuatan utama dunia membuat skenario terburuk bisa saja terjadi. Konflik dapat meluas ke beberapa wilayah di timur tengah seperti suriah, iran atau selat hor muz yang merupakan jalur penting dari 30% total perdagangan minyak dunia. Konflik yang memanas dapat dengan cepat mendorong kenaikan harga minyak dunia yang memang sedang dalam tren naik.

Kenaikan minyak dunia di tengah ekonomi indonesia yang masih belum pulih dari covid-19 dapat memperbu ruk kondisi ekonomi indonesia serta memperlama pemulihan ekonomi nasional. Nilai tukar rupiah dapat me le mah diikuti dengan kenaikan inflasi. Untuk itu, indonesia perlu semakin aktif mendorong negara-negara muslim di dalam organisasi kerja sama islam (oki), serta mendorong dialog dengan rusia dan tiongkok untuk memberikan tekanan yang lebih terhadap israel untuk menghentikan secepatya agresi militernya di jalur gaza agar konflik kali ini cepat selesai. Kita semua berharap konflik ini tidak meluas menjadi perang total di timur tengah.


Baca Juga

0  Komentar