OJK : Bank BUKU I Tinggal Tersisa Satu

Investor   Sabtu, 1 Mei 2021

img

Ojk : bank buku i tinggal tersisa satu bogor - direktur eksekutif penelitian dan pengaturan perbankan otoritas jasa keuangan (ojk) anung herlianto mengungkapkan, saat ini di indonesia sudah hampir tidak ada lagi bank buku i dengan modal inti kurang dari rp 1 triliun. Hanya tersisa satu bank buku i saja, sedangkan yang lainnya sudah “naik pangkat”. “bank buku i sekarang sudah hilang ya. Jangan bicara buku i lagi karena semua sudah naik pangkat.

Kita kemarin mewajibkan kenaikan modal di atas rp 1 triliun. Ternyata banyak yang mampu bank buku i menaikkan modal sampai rp 1 triliun, dan yang tidak mampu mereka melakukan penggabungan atau dijual ke yang lain,” kata anung herlianto dalam acara pelatihan wartawan yang digelar ojk di kawasan sentul, bogor, sabtu (1/5/2021). Anung menambahkan, saat ini yang tersisa sebagai bank buku i hanya bank prima master di jawa timur. Namun bank tersebut juga telah bersiap untuk diakuisisi oleh bank asing dalam waktu dekat.

“tahun ini, modal bank minimum adalah rp 2 triliun. Masih ada sekitar 40 bank yang berlomba untuk memenuhinya, dan yang tidak (bisa memenuhi) nanti akan kita dorong untuk melakukan konsolidasi. Ini tidak untuk mengeliminasi bank-bank kecil, tetapi untuk memperkuat bank-bank tersebut menghadapi digitalisasi yang membutuhkan modal besar,” tegasnya. Anung menambahkan, saat ini struktur perbankan indonesia terdiri dari 107 bank.


Baca Juga

0  Komentar