Pemerintah Bangun New Port Ambon sebagai Sentra Lumbung Ikan Nasional

Investor   Senin, 29 Maret 2021

img

Pemerintah bangun new port ambon sebagai sentra lumbung ikan nasional jakarta , investor.id – presiden joko widodo (jokowi) menginstruksikan menteri perhubungan (menhub) budi karya sumadi segera memulai pembangunan ambon new port atau pelabuhan ambon baru, yang terintegrasi dengan kawasan industri. Pelabuhan yang akan dibangun selama dua tahun bernilai investasi rp 5 triliun ini, nantinya akan mendukung pembentukan ambon sebagai sentra lumbung ikan nasional. “kita melihat untuk menjadi salah satu sentra lumbung ikan nasional, tidak cukup pelabuhan-pelabuhan yang ada untuk dikembangkan atau digunakan, tapi kita memerlukan satu pelabuhan, di mana pelabuhan itu bersama dengan kawasan industri,” kata menhub usai menghadiri rapat terbatas di istana merdeka, jakarta, pada senin (29/3/2021). Rapat yang juga dihadiri wakil presiden kh ma’ruf amin, gubernur jawa barat ridwan kamil, dan gubernur maluku murad ismail, dan sejumlah menteri kabinet indonesia maju, membahas tentang dua agenda utama, yaitu terkait pembangunan ambon new port sebagai lumbung ikan nasional dan pemanfaatan bandara kertajati untuk fungsi-fungsi maintenance, repair, and operation (mro).

Menhub mengatakan, berdasarkan laporan menteri kelautan dan perikanan sakti wahyu trenggono, kawasan indonesia bagian timur kaya ikan. “banyak hal yang bisa diefektifkan agar fungsi-fungsi penangkapan ikan bisa dilakukan secara masif,” kata menhub. Sesuai arahan presiden jokowi, lanjut menhub, pemerintah akan memulai pembangunan sesuai soliticed, artinya pemerintah akan memulai pembebasan tanah seluas 200 hektare dan mempersiapkan infrastruktur dasar. Setelah itu, pemerintah akan melakukan lelang kerja sama pemerintah dengan badan usaha (kpbu) dan swasta yang investasinya sebesar rp 5 triliun, dan pada tahap awal rp 1,3 triliun.

“selain itu, ada opportunity untuk memperluas kawasan menjadi 900 hektare, di mana swasta akan membebaskan lahan seluas 700 hektare,” jelas menhub. Menurut menhub, pada rapat terbatas juga dibahas tentang mekanisme pembangunan yaitu selama 2 tahun. Namun, kata menhub, pemerintah ingin merestrukturisasi cara-cara penghitungan penangkapan ikan sehingga untuk kurun waktu dua tahun ini, dapat difungsikan dua pelabuhan yang ada di ambon, yaitu pelabuhan yos sudarso dan pelabuhan perikanan nusantara yang belum optimal peranannya. “bapak presiden memerintahkan kepada kami untuk mempersiapkan dan kami bekerja sama dengan kementerian bumn dan kementerian keuangan melalui smi dalam memberikan suatu konsultasi kepada kami,” kata menhub.


Baca Juga

0  Komentar