Perkuat Sinergi, BI Proyeksikan Transaksi E-Commerce Tembus Rp 337 Triliun

Investor   Senin, 5 April 2021

img

Perkuat sinergi, bi proyeksikan transaksi e-commerce tembus rp 337 triliun jakarta, investor.id – gubernur bank indonesia perry warjiyo menekankan pentingnya sinergi untuk memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan digital (ekd) di indonesia. Melalui penguatan sinergi tersebut, transaksi di e-commerce pada 2021 ini diproyeksikan akan tumbuh sekitar 33%. “dengan langkah-langkah sinergi yang kuat, perkembangan ekonomi dan keuangan digital indonesia akan semakin kuat. Insha allah transaksi e-commerce akan naik dari rp 253 triliun di 2020 menjadi rp 337 triliun atau tumbuh 33%,” kata perry warjiyo dalam pembukaan festival ekonomi keuangan digital indonesia (fekdi) 2021 secara virtual, senin (5/4/2021).

Selain itu, transaksi uang elektronik juga diproyeksikan naik 32% dari rp 201 triliun di 2020 menjadi rp 266 triliun di 2021. Sedangkan transaksi digital banking diproyeksikan tumbuh 19% dari rp 27.000 triliun di 2020 menjadi rp 32.200 triliun. Perry menegaskan, bi juga berkomitmen untuk terus mendukung upaya akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan indonesia. Sejak diluncurkannya blueprint sistem pembayaran indonesia pada mei 2019, bi terus melakukan langkah-langkah percepatan digitalisasi di dalam sistem pembayaran.

“ alhamdulillah qr code indonesian standard (qris) selama pandemi menjadi game changer di tengah-tengah terbatasnya mobilitas manusia. Kita dapat mendorong akselerasi digitalisasi keuangan melalui qris, bahkan juga kita gunakan untuk mendukung suksesnya gerakan nasional bangga buatan indonesia,” kata perry. Untuk mengembangkan dan memperluas ekosistem ekonomi dan keuangan digital, serta mendorong pemanfaatan teknologi dan meningkatkan pemahaman masyarakat untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, bank indonesia bersama kementerian koordinator bidang perekonomian juga menyelenggarakan festival ekonomi keuangan digital indonesia (fekdi) 2021. Perry menyampaikan, tema besar dalam fekdi 2021 adalah “bersinergi dalam akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan indonesia”.

Digelar selama lima hari, rangkaian acara fekdi 2021 ini dipimpin oleh menko perekonomian airlangga hartarto bersama bi, serta didukung 16 kementerian/lembaga, 14 pelaku industri mulai dari perbankan, e- c ommerce, marketplace, uang elektronik, dan juga lima asosiasi. “inilah sinergi kita bersama untuk melakukan akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan di indonesia. Kita akan melakukan langkah-langkah bersama dalam mengakselerasi itu,” kata perry warjiyo. Editor : nurjoni (nurjoni@investor.co.id).


Baca Juga

0  Komentar