Perlukah General Check Up Sebelum Vaksinasi? Ini Kata Dokter Erlina Burhan

Tempo   Sabtu, 22 Mei 2021

img

Perlukah general check up sebelum vaksinasi? ini kata dokter erlina burhan spesialis paru rumah sakit persahabatan dr. Erlina burhan pada konferensi pers bersama gugus tugas percepatan penanganan covid-19 di graha badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) jakarta, senin, 30 maret 2020. Kredit: antara/ho-bnpb tempo.co , jakarta - dokter spesialis paru erlina burhan menilai persiapan vaksinasi covid-19 berupa general check up bagi peserta dengan komorbid atau penyakit bawaan adalah pilihan yang berlebihan. "yang namanya general check up kan keseluruhan, menurut saya berlebihan.

Misalnya, seseorang punya sakit jantung lalu ragu divaksinasi maka lebih baik konsultasi kepada dokternya demi mendapatkan informasi apakah kondisi jantungnya bermasalah atau enggak,” ujarnya dilansir dari antara, jumat 21 mei 2021. Dokter paru dari divisi infeksi departemen pulmonologi dan kedokteran respirasi fakultas kedokteran universitas indonesia itu mengatakan kementerian kesehatan memiliki rambu bagi peserta vaksinasi dengan penyakit bawaan menurut faktor usia. "kalau ada komorbid, apakah komorbid ini terkontrol atau tidak, stabil atau tidak, biasanya pasiennya tahu," katanya. Erlina mengatakan general check up sebelum vaksin membutuhkan dana besar yang bisa membebani keuangan peserta bahkan negara bila hal itu dilakukan sebagai prosedur awal vaksinasi.

"kalau kita sebagai individu merasa ada yang perlu dipertimbangkan penyakit yang dialami, sebaiknya diperiksakan hal itu," katanya. Terkait dengan laporan kejadian pembekuan darah usai menerima vaksin astrazeneca, lanjut dia, kejadian itu hanya dialami berkisar empat dari 1 juta orang di dunia. "jadi, rendah sekali tetapi kita tetap hati-hati bilamana seseorang merasa punya pengentalan darah," katanya. Erlina burhan mengatakan sikap pemerintah menghentikan sementara peredaran vaksin untuk keperluan analisa keamanan bagi pengguna merupakan prosedural dari prinsip kehati-hatian.


Baca Juga

0  Komentar