PKS-PAN Jajaki Kerja Sama Perjuangkan RUU Minol dan Perlindungan Tokoh Agama

Islam Today   Sabtu, 22 Mei 2021

img

Pks-pan jajaki kerja sama perjuangkan ruu minol dan perlindungan tokoh agama (islamtoday id) – dpp pks melakukan safari silaturahim kebangsaan dengan mengunjungi dpp pan, jumat (21/5/2021). Jajaran dpp pks dipimpin oleh presiden pks ahmad syaikhu dan diterima ketua umum pan zulkifli hasan. Ahmad syaikhu usai pertemuan mengatakan pks bersama pan sepakat bergandengan tangan medukung kemerdekaan palestina atas israel sebagai bagian dari tugas sejarah dan konstitusi. Syaikhu mendorong pemerintah indonesia agar jauh lebih aktif lagi di forum internasional, tidak hanya sekadar memberikan kecaman semata.

“indonesia punya peran strategis membangun kekuatan penekan di negara-negara asia afrika di forum internasional pbb untuk dapat membawa kejahatan kemanusiaan dan penjajahan zionis israel ke dewan ham dan dewan keamanan pbb, sehingga agresi militer zionis israel dapat segera dihentikan dan zionis israel mendapatkan sanksi keras,” ujar syaikhu seperti dikutip dari jawa pos. Ia menambahkan, pks-pan dapat bekerja sama di berbagai level, di tingkat nasional ada beberapa isu strategis di legislasi yang bisa disinergikan. Misalnya ruu perlindungan tokoh agama dan simbol agama. Kemudian ada ruu minuman keras dan beralkohol, serta ruu penghapusan kekerasan seksual.

“ruu ini memiliki semangat kebebasan dalam menjalankan ibadah dan dakwah masing-masing agama tanpa ada diskriminasi, persekusi, dan intimidasi. Juga kita ingin agama sebagai sumber perdamaian sehingga hal-hal yang sakral dalam setiap agama harus dimuliakan dan dihormati. Ruu larangan minum beralkohol juga perlu kita kerjasamakan untuk keselamatan generasi masa depan bangsa,” ungkapnya. Pks dan pan sebagai anak kandung reformasi, imbuh syaikhu, berkomitmen untuk menjaga dan merawat fitrah demokrasi agar semakin terkonsolidasi.

“jaminan atas kebebasan sipil dan perlindungan ham harus dipenuhi, serta penegakan hukum yang adil dan tidak diskriminatif. Demokrasi kita tidak boleh mengalami kemunduran atau bahkan putar balik haluan ke arah otoritarianisme,” pungkasnya. Seperti diketahui, ruu tentang larangan minuman beralkohol (minol) kembali masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas 2021. Ini yang kesekian kalinya ruu ini masuk prolegnas, namun tak kunjung selesai.

Tak kunjung selesainya ruu larangan minol mendapat kritik tajam dari politisi pks, tifatul sembiring. Ia menyebut hampir tiap tahun, ruu larangan minol selalu masuk prolegnas, tapi tak juga selesai. “ruu larangan minol ini jadi bal2an sejak pansus dpr yg lalu. Ketua setuju, anggota ulur2 waktu.

Pemuka agama mendukung, anggota pura2 bingung. Jangan2 hobbi nenggak miras. Macam nitip jagung tumbuk ke induk ayam. Tiap tahun masuk prolegnas, tp nggak kelar2,” tulis tifatul sembiring di akun twitter-nya @tifsembiring, rabu (10/3/2021).

Sebelumnya, ruu larangan minol akhirnya ditetapkan sebagai prolegnas prioritas 2021 setelah melalui perdebatan antar-fraksi di badan legislasi (baleg) dpr pada bulan januari lalu. Sejak tahun lalu, beleid ini menjadi sorotan karena tidak hanya melarang orang mengkonsumsi dan memproduksi, tapi tiap orang juga dilarang memasukkan, menyimpan, mengedarkan, dan/atau menjual minuman beralkohol di wilayah indonesia. Mereka yang melanggar pun dikenai sanksi pidana. Beberapa fraksi yang menolak ruu larangan minol untuk masuk prolegnas kala itu di antaranya pdip dan golkar.

Sementara gerindra dan pkb mengusulkan untuk ditinjau kembali. Adapun partai pendukung beleid ini yakni pks dan ppp. Mengutip dari cnn indonesia, pengusul ruu minol ini terdiri dari 21 orang yakni 18 anggota dari ppp, dua orang dari pks, dan satu orang dari gerindra. [wip].


Baca Juga

0  Komentar