Ramai Rumor Bunga Bank Sentral, Harga Emas Turun Tipis Hari Ini

Kata Data   Kamis, 20 Mei 2021

img

Ramai rumor bunga bank sentral, harga emas turun tipis hari ini harga emas antam hari ini turun rp 1.000 ke level rp 947 ribu per gram dari catatan kemarin yakni rp 948 ribu per gram. Mengutip laman logam mulia, harga buyback atau pembelian kembali emas pt aneka tambang tbk itu juga turun rp 1.000 menjadi rp 857 ribu per gram pada kamis (20/5). Melansir bloomberg pada perdagangan kamis (20/5) pukul 8:14 wib, harga emas commodity exchange (comex) untuk kontrak juni 2021 menunjukkan penurunan 0,54% ke level us$ 1.871,3 per troy ons. Sedangkan untuk emas spot (xauusd) turun 0,08% ke level us$ 1.868,1 per troy ons.

Sebelumnya, harga emas sempat menembus level tertingginya dalam empat bulan terakhir di kisaran us$ 1.888 per troy ons. Naiknya harga logam mulia tersebut didukung pelemahan indeks dolar as dan imbal hasil obligasi amerika serikat tenor 10 tahun atau us treasury yang naik. “gerak emas yang bergejolak di tengah obrolan pasar tentang tingkat bunga bank sentral setelah risalah the fed menunjukkan adanya diskusi terkait kebijakan taper (pengetatan moneter),” kata kepala perdagangan derivatif logam bmo, tai wong dikutip dari reuters, kamis (20/5). Beberapa pejabat the fed menunjukkan kesiapan mereka untuk mulai mempertimbangkan perubahan kebijakan moneter as.

Hal tersebut didasari kemajuan yang pesat pada pemulihan ekonomi negeri paman sam, menurut risalah the fed. Sebelumnya, data as menunjukkan kenaikan inflasi april 2021 sebanyak 4,2% atau di atas ekspektasi pasar. Wong menambahkan, pasar keuangan telah menunjukkan kepekaannya terhadap sinyal kebijakan the fed ke depan. Untuk itu, dia memperkirakan dalam jangka pendek, harga emas bergerak di posisi us$ 1.850 – 1.890 per troy ons.

Di sisi lain, trader emas kemungkinan masih memiliki jalan agar emas bisa menuju us$ 1.900 per troy ons. Di mana, risalah the fed memicu pembalikan besar karena pembicaraan taper mendorong us treasury melonjak lebih tinggi. “meskipun beberapa aset menurun, investor emas justru senang dengan kinerja saat ini. Beberapa trader institusional yang dibuat marah oleh bitcoin kemungkinan akan tetap setia pada emas,” kata analis pasar senior oanda, edward moya dalam sebuah catatanya.

Sebagai aset lindung nilai atau safe haven , emas cenderung dipilih saat inflasi nnaik. Nilai pada emas perhiasan dan emas untuk investasi berbeda. Hal tersebut bergantung pada tingkat gramasi dan kandungan emas murni pada produk tersebut. Umumnya, emas batangan dipilih untuk investasi, karena semakin besar gramasi semakin baik harga yang diperoleh atau mendekati pergerakan harga emas global.


Baca Juga

0  Komentar