Realisasi Investasi Naik, Ekonomi Indonesia Mulai Bangkit

Investor   Selasa, 27 April 2021

img

Realisasi investasi naik, ekonomi indonesia mulai bangkit jakarta – realisasi penanaman modal asing (pma) yang melonjak 14% secara tahunan ( year on year /yoy) menjadi rp 111,7 triliun pada kuartal i-2021 mengindikasikan perekonomian nasional sedang bangkit sejalan dengan meningkatnya kepercayaan internasional. Jika pemerintah mampu mengoptimalkan uu cipta kerja dan lembaga pengelola investasi (lpi), target realisasi investasi pada 2021 sebesar rp 900 triliun dipastikan tercapai, sehingga perekonomian domestik tahun ini bisa tumbuh di atas 5%. Berdasarkan data badan koordinasi penanaman modal (bkpm) yang diumumkan senin (26/4) kemarin, realisasi penanaman modal atau investasi langsung pada kuartal i-2021 mencapai rp 219,7 triliun, naik 4,3% (yoy). Sedangkan dibanding kuartal iv-2020 atau secara kuartalan ( quarter to quarter /qtq) tumbuh 2,3%.

Realisasi penanaman modal kuartal i tahun ini dimotori pma yang mencapai rp 111,7 triliun, meningkat 14% (yoy) dan 0,6% (qtq). Adapun realisasi penanaman modal dalam negeri (pmdn) turun 4,2% secara tahunan (yoy), namun naik 4,2% secara kuartalan (qtq). Pada kuartal i-2021 terjadi pergeseran tren investasi. Jika pada kuartal i-2020 pmdn lebih dominan dengan realisasi rp 112,7 triliun dibanding pma rp 98 triliun, pada kuartal i-2021 pma kembali dominan, dengan realisasi rp 117 triliun berbanding pmdn rp 108 triliun.

Selain itu, telah terjadi pemerataan investasi yang masuk ke tanah air. Realisasi penanaman modal di pulau jawa pada kuartal i-2021 mencapai rp 105,3 triliun, turun 2,7% (yoy). Sebaliknya, realisasi penanaman modal di luar jawa meningkat 11,7% (yoy) menjadi rp 114,4 triliun. Berdasarkan sektor, realisasi pma kuartal i-2021 melanjutkan tren investasi sepanjang tahun lalu yang didominasi industri manufaktur.

Pada 2018 dan 2019, realisasi pma didominasi sektor jasa. Optimistis tercapai kepala bkpm, bahlil lahadalia mengungkapkan, realisasi pma dan pmdn pada kuartal i-2021 sudah mencapai 25,66% dari target investasi yang dipatok bkpm tahun ini senilai rp 856 triliun. Namun, dibanding target baru pemeritah sebesar rp 900 triliun, realisasinya mencapai 24,4%. “realisasi investasi kuartal i-2021 mencapai rp 219,7 triliun dari target tahun ini rp 856 triliun.

Namun, presiden perintahkan kami untuk menaikkan target menjadi rp 900 triliun. Ini bukan pekerjaan gampang di era pandemi. Tapi sebagai pembantu presiden, kami harus selalu mencari cara melalui inovasi, kreativitas, dan kerja maksimal,” ujar dia. Kepala bkpm menjelaskan, naiknya realisasi pma secara signifikan menunjukkan tingginya kepercayaan internasional kepada indonesia.

“ini menunjukkan kepercayaan dunia pada indonesia. Berarti aktivitas pma pun sudah mulai normal. Mereka sudah bisa beradaptasi dengan perkembangan pandemi covid-19,” tutur dia. Menurut bahlil, telah terjadi pemerataan investasi seiring masifnya pembangunan infrastruktur dalam lima tahun terakhir.

Hal itu tercermin pada realisasi investasi di pulau jawa pada januari-maret 2021 sebesar rp 105,3 triliun, turun 2,7% (yoy). Di pihak lain, investasi di luar jawa naik 11,7% (yoy) menjadi rp 114,4 triliun. Pemerataan investasi antara jawa dan luar jawa, kata kepala bkpm, sangat penting untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dengan efek pengganda ( multiplier effect ) yang besar. “pemerataan pertumbuhan ekonomi di luar jawa sudah membaik.

Ini tidak terlepas dari apa yang dilakukan presiden selama lima tahun terakhir, yaitu membangun infrastruktur secara masif,” tegas dia. Bahlil lahadalia menambahkan, berdasarkan asal negara, peringkat pertama pma pada kuartal i-2021 ditempati singapura senilai us$ 2,6 miliar, diikuti tiongkok us$ 1,0 miliar, dan korea selatan us$ 900 juta. Selanjutnya hong kong dengan nilai investasi us$ 800 juta dan swiss us$ 500 juta. “kalau kita lihat, korea ini mulai menggeser hong kong.

Dia di posisi ke-3. Kemudian swiss, nggak pernah terjadi, dia sekarang berada di posisi ke-5,” ucap dia. Menurut bahlil, korea menggeser posisi hong kong di urutan ke-3 dibanding posisi ke-8 tahun lalu (us$ 130 juta) karena terdorong pembangunan pabrik mobil hyundai di deltamas, cikarang, bekasi. “pada maret-april 2022, mobil listriknya sudah diproduksi.

Hyundai berinvestasi us$ 1,5 miliar atau sekitar rp 21 triliun. Dari jumlah itu, rp 13-14 triliun di antaranya sudah direalisasikan,” ujar dia. Khusus mengenai swiss, bahlil menjelaskan, investor swiss berkontribusi 6,1% terhadap investasi pma. Sektor yang paling banyak digarap investor swiss antara lailn makanan, minuman, kehutanan, perdagangan, reparasi, perikanan, dan industri lainnya.

Investasi swiss menggeser jepang dari posisi lima besar. Saat ini jepang berada di peringkat ke-7 dengan nilai investasi us$ 322,7 juta, mencakup 2.032 proyek. Jepang di bawah as di posisi ke-6 dengan nilai investasi us$ 447,1 juta yang mencakup 336 proyek. Bahlil mengaku belum mengetahui alasan investasi jepang merosot.

“saya ingin sampaikan bahwa dalam melayani investasi, kami tidak membeda-bedakan negara a, b, c. Kami menganut asas politik ekonomi bebas aktif, artinya semua orang atau semua negara punya kesempatan yang sama,” tegas dia. Investasi mangkrak bahlil lahadalia mengemukakan, bkpm juga berhasil menyelesaikan investasi mangkrak senilai rp 517,6 triliun pada kuartal i-2021. “angka ini setara 73% dari total investasi mangkrak yang mencapai rp 708 triliun," tutur dia.

Kepala bkpm mengungkapkan, investasi mangkrak yang telah dieksekusi berkontribusi terhadap realisasi investasi kuartal i-2021. “namun kontribusinya hanya sebagian. Sebab eksekusi investasi mangkrak tidak diselesaikan secara sekaligus, melainkan per termin. Misalnya yang diproses izin lahan terlebih dahulu,” ucap dia.

Dia menegaskan, realisasi investasi kuartal i tahun ini merupakan data real , yakni investor yang telah merealisasikan investasinya di dalam negeri sepanjang periode januari hingga maret 2021. “itu data investasi realisasi yang real , bukan angka proposal proyek, bukan komitmen, kalau komitmen itu masih ‘abunawas’,” tandas dia. Bkpm, kata bahlil, juga tengah mempercepat implementasi online single submission (oss) berbasis risiko. Sistem ini direncanakan beroperasi pada juni mendatang.

“kami mempercepat implementasi oss versi uu cipta kerja. Kami sedang persiapkan betul oss, mungkin juni mulai live. Itu sebagai untuk memberikan kepastian, kemudahan, efisiensi, dan transparansi proses pelayanan kepada pengusaha,” tegas dia. Kepala bkpm mengatakan, dengan adanya oss risk ased approach (oss rba), proses penerbitan izin usaha dapat lebih mudah dan cepat.

Prosesnya dilakukan berdasarkan pengelompokkan usaha yang memiliki risiko rendah, menengah, dan tinggi. Tenaga kerja menurut bahlil lahadalia, realisasi penanaman modal pada kuartal i-2021 telah menyerap tenaga kerja sebanyak 311.793 orang, meningkat 32,5% dibandingkan periode sama tahun silam sebanyak 235.314 orang. “program bkpm sejak 2020 adalah mendorong industrialisasi untuk mendukung transformasi ekonomi agar tercipta nilai tambah tinggi bagi perekonomian nasional, termasuk dalam menyerap tenaga kerja,” tegas dia. Adapun realisasi investasi rp 219,7 triliun terdiri dari penanaman modal dalam negeri (pmdn) rp108,0 triliun dan penanaman modal asing (pma) tercatat sebesar rp 111,7 triliun.

Realisasi investasi kuartal i-2021 ditopang beberapa sektor investasi. Terbesar masih sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran senilai rp 29,4 triliun. Kepala bkpm mengakui, investor lokal atau pmdn cenderung memilih investasi di pulau jawa yang sudah memiliki askes infrastruktur memadai. Sebaliknya, pma justru memilih luar jawa.

Bahlil memperkirakan realisasi investasi kuartal i-2021 belum berdampak signifikan terhadap kinerja pertumbuhan ekonomi nasional. Apalagi kinerja ekonomi kuartal i masih berpotensi minus. "memang ada perbaikan dibandingkan kuartal iv-2020, tapi perbaikannya, menurut saya, belum signifikan. Syukur-syukur kalau bisa berimbang, tapi mungkin masih defisit (minus) sedikit,” ucap dia.

Investasi langsung atau pembentuan modal tetap bruto (pmtb) saat ini berkontribusi 30-32% terhadap produk domestik bruto (pdb) pengeluaran. Konsumsi rumah tangga masih menjadi penyumbang utama sebesar 57-58%. Pemerintah menargetkan perekonomian nasional tahun ini tumbuh 4,3-5,3% setelah tahun lalu terkontraksi atau minus 2,07% akibat pandemi covid-19. Peluang tesla bahlil lahadalia juga menuturkan, potensi parikan mobil listrik asal as, tesla, untuk berinvestasi di indonesia masih ada.

Pemerintah masih terus melakukan negosiasi dan koordinasi dengan pabrik mobil tersebut. “jujur ini sedang komunikasi dengan kemenko kemaritiman dan investasi (kemenkomarves) masih dilakukan terus-menerus. Potensinya selalu ada,” tegas bahlil yang enggan menjelaskan lebih detail mengenai perkembangannya. “insyaallah, doain potensi masih ada, detailnya akan disampaikan kemenkomarves, sebab day to day -nya di sana,” ucap dia.

Bahlil juga tak bersedia mengomentari kabar bahwa pemerintah segera membentuk kementerian investasi. “itu sepenuhnya hak prerogatif presiden. Saya tak punya kewenangan untuk memberikan penjelasan soal itu. Saya ini kan pembantu presiden.

Jadi, mohon maaf dengan segala hormat, kami tidak pada posisi menjelaskan karena hal itu bukan domain bkpm,” tegas bahlil. Target bisa dicapai ekonom center of reform on economics (core) indonesia, yusuf rendy mengungkapkan, kinerja investasi langsung pada kuartal i-2021 merupakan awal yang baik. Bahkan, ia memperkirakan target investasi tahun ini sebesar rp 900 triliun dapat dicapai. “masih ada sektor-sektor yang tidak terlalu terdampak sentimen pandemi dan masih bisa terus dioptimalkan.

Jadi, peluang untuk mencapai target relatif besar, apalagi prospek pemulihan ekonomi tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu,” papar dia. Kendati pandemi tahun ini diasumsikan berlanjut, menurut yusuf, kinerja investasi masih akan terus meningkat, khususnya investasi di sektor sekunder. Namun, ia mengingatkan agar pemerintah terus menjaga iklim investasi guna mendorong pemulihan ekonomi nasional. Dia mengatakan, masalah investasi di dalam negeri masih bersifat klasik, seperti harga gas industri yang tinggi dan biaya logistik yang mahal.

Karena itu, pemerintah mesti terus mendorong penurunan harga gas industri dan mengefisienkan ongkos logistik. Di pihak lain, ekonom makroekonomi dan pasar keuangan lpem feb ui, teuku riefky menilai target realisasi tahun ini sebesar rp 900 triliun masih sulit dicapai. Soalnya, realisasi investasi kuartal i menggunakan baseline kuartal i tahun lalu yang sudah cukup rendah akibat pandemi covid-19. “saya rasa, untuk akhir tahun masih bisa berat, belum tentu mudah untuk mencapai rp 900 triliun.

Tanda-tanda pemulihan ekonomi pada kuartal i-2021 tidak sepenuhnya menunjukkan pemulihan ekonomi dari investor,” tutur dia. Meski begitu, teuku riefky tak menampik tanda-tanda pemulihan ekonomi sudah terjadi meski belum terlalu kuat. “karena itu, perbaikan investasi pada kuartal i harus terus dijaga,” tandas dia. Menurut dia, pemerintah sudah memiliki kebijakan jangka panjang untuk mengoptimalkan investasi, di antaranya dengan mengimplementasikan uu cipta kerja dan menjalankan lembaga pengelola investasi (lpi).

“sudah ada omnibus law dan lpi, tinggal bagaimana mengoptimalkannya,” tandas dia. Dia mengemukakan, tren investasi ke depan akan lebih berfokus di luar jawa sejalan dengan pemindahan ibu kota negara. Selain itu, akan terjadi pola perubahan susunan lima besar pma, antara lain didorong perjanjian dagang indonesia-european union comprehensive economic partnership agreement (iue-cepa). Patut diapresiasi sementara itu, wakil ketua kadin indonesia bidang hubungan internasional, shinta widjaja kamdani mengatakan, kinerja realisasi pma pada kuatal i-2021 yang meningkat 14% (yoy) patut diapresiasi.

Apalagi berasarkan laporan united nations conference on trade and development (unctad), arus investasi global secara agregat pada akhir 2020 terkontraksi 42%. “arus investasi ke negara berkembang paling dirugikan oleh kontraksi ini,” kata shinta kepada investor daily di jakarta, senin (26/4). Shinta meyakini, peningkatan realisasi investasi kuartal i-2021 mencerminkan pulihnya kepercayaan investor global terhadap iklim usaha di indonesia pascapengendalian pandemi yang lebih baik dan implementasi uu cipta kerja. Untuk itu, menurut dia, pemerintah harus bisa menjaga momentum positif ini dengan terus meningkatkan daya tarik iklim usaha indonesia.

Pemerintah juga harus konsisten mempromosikan implementasi uu ciptaker di lapangan agar arus investasi kian deras mengalir. Soal dominasi pma, shinta widjaja mengatakan bahwa hal tidak perlu dimasalahkan. Justru, semua kalangan harus bersyukur dan mengapresiasi, karena pma yang biasanya disalurkan ke pasar modal dan berisiko tinggi menciptakan volatilitas makro, malah masuk ke sektor rii. Shinta belum dapat memastikan, apakah pma akan kembali mendominasi investasi manufaktur 2021.

Hal itu masih terlalu dini untuk dinilai karena industrialisasi bukan proses yang bisa terjadi secara instan. Apalagi uu cipta kerja yang menjadi pemicu utama perbaikan iklim investasi nasional masih relatif baru. Pelaku usaha, kata dia, juga masih menunggu implementasi uu cipta kerja secara penuh hingga ke level teknis di lapangan. Omnibus law ini bakal diimplementasikan penuh di seluruh indonesia pada akhir kuartal ii-2021.

Direktur riset center of reform on economics (core), piter abdullah mengatakan, indonesia membutuhkan pertumbuhan investasi, baik dalam bentuk pma maupun pmdn. Indonesia tidak bisa hanya berharap pada pmdn jika menginginkan investasi meningkat karena sumber pembiayaan domestik terbatas. Itu sebabnya, dia menilai sumbangan pma terhadap total investasi kuartal i-2021 yang mencapai 50,8% mesti disyukuri. “selain faktor kepercayaan investor asing terhadap prospek perekonomian indonesia serta kemudahan yang diberikan uu cipta kerja, masuknya pma dipengaruhi oleh kondisi likuiditas global yang ample saat ini,” tutur dia.

Dia berharap, ke depan, banyak pma yang masuk ke sektor industri manufaktur, sehingga perekonomian lebih cepat bangkit. Uu cipta kerja akan berperan besar terhadap peningkatan investasi tahun ini. Piter abdullah meyakini, dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, target pemerintah menarik investasi rp 900 triliun tahun ini bakal tercapai. Hanya saja, pemerintah perlu memastikan pandemi covid-19 secepatnya berakhir.

“pemerintah sangat bersungguh-sungguh berusaha mendorong investasi, baik pma maupun pmdn. Hal ini ditunjukkan oleh pembentukan uu cipta kerja beserta seluruh peraturan pelaksanaannya. Bahkan pemerintah berencana membentuk kementerian investasi,” papar dia. (leo/sny/ark/az) editor : abdul aziz (abdul_aziz@investor.co.id).


Baca Juga

0  Komentar