Satgas : Pemda Harus Pastikan Pemudik yang Kembali ke Jawa Dalam Kondisi Sehat

Investor   Sabtu, 15 Mei 2021

img

Satgas : pemda harus pastikan pemudik yang kembali ke jawa dalam kondisi sehat jakarta - koordinator tim pakar dan juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19, prof. Wiku adisasmito mengatakan, terdapat 440.014 orang telah melakukan perjalanan ke pulau sumatera dalam rangka libur ramadan dan idul fitri, maka harus dipastikan bahwa apabila mereka kembali ke pulau jawa dalam kondisi sehat. Oleh karena itu, wiku menyebutkan, untuk memastikan mereka kembali ke pulau jawa dalam kondisi sehat dan tidak menumpuk di provinsi lampung khususnya di pelabuhan bakauheni, maka pemerintah daerah (pemda) harus betul- betul memastikan bahwa mereka akan berangkat dalam kondisi sehat. “agar seluruh instrumen yang dipakai pemerintah untuk memastikan skrining orang yang kembali ke pulau jawa betul-betul orang- orang yang dalam kondisi sehat dan seluruh fasilitas kesehatannya sudah siap.

Petugasnya juga sudah siap dan aman termasuk tempat isolasi dan karantinanya,” kata wiku pada konferensi pers daring tentang “antisipasi mobilitas masyarakat dan pencegahan lonjakan kasus covid-19 pasca libur lebaran” pada sabtu (15/5/2021). Pada kesempatan sama, ketua satuan tugas (satgas) penanganan covid-19 doni monardo mengatakan, untuk memastikan kesiapan pemerintah daerah (pemda), ia meninjau langsung ke kesiapan pelabuhan bakauheni, lampung untuk antisipasi arus balik idul fitri. Pasalnya, berdasarkan data, terdapat 440.014 orang telah melakukan perjalanan dari pelabuhan merak ke bakauheni. Mereka diprediksi akan kembali dalam waktu dekat dalam waktu yang bersamaan.

Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan sebanyak alat rapid antigen. Dikatakan doni, stok alat rapid test antigen juga masih tersedia di badan pengawasan keuangan dan pembangunan (bpkp) sebanyak 50.000 dan di dinas kesehatan (dinkes) lampung sebanyak 12.000. Selain itu, sudah dalam pelayaran dari pelabuhan merak ke bakauheni sebanyak 200.000 rapid test antigen. Editor : fajar widhi (fajar_widhi@investor.co.id).


Baca Juga

0  Komentar