Semester II, Pemerintah Targetkan Penyaluran Kartu Prakerja untuk 2,8 Juta Peserta

Investor   Jumat, 2 Juli 2021

img

Semester ii, pemerintah targetkan penyaluran kartu prakerja untuk 2,8 juta peserta jakarta, investor.id - pemerintah akan melanjutkan program kartu prakerja hingga akhir 2021 ini. Upaya ini merupakan salah satu langkah pemerintah merespons pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (ppkm) darurat. “untuk semester dua kami berharap bisa tersalurkan rp 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta,” ucap menteri keuangan sri mulyani dalam konferensi pers aspek apbn terhadap implementasi ppkm darurat pada jumat (2/7). Catatan kementerian keuangan hingga rabu (30/6) realisasi penyaluran kartu prakerja mencapai rp10 triliun, dan sudah diterima oleh 2,8 peserta.

Pada semester 2 2021 penyaluran ditargetkan dengan jumlah yang sama. Peserta nantinya akan mendapatkan sejumlah manfaat dari program kartu prakerja. Seperti manfaat pelatihan sebesar rp 1 juta, uang cash rp 600 ribu yang dicairkan untuk empat bulan, dan juga insentif survei sebesar rp 150 ribu untuk tiga kali survei. "total manfaat setiap peserta adalah rp 3,55 juta, yang didapatkan dalam bentuk pelatihan, uang cash , dan insentif dari mengisi survey," kata sri mulyani.

Dia menuturkan program kartu prakerja ini merupakan bentuk dukungan apbn dalam merespon kondisi covid-19 di kala pemberlakuan ppkm darurat. Sejumlah program pemulihan juga dilakukna di tengah pelaksanaan ppkm darurat "terutama dalam mengakselerasi, sehingga dana apbn itu betul-betul bisa tersalur pada tepat waktu dan tepat target. Ini yang terus kita berkoordinasi dengan para menteri terkait, tentu juga dengan daerah," pungkasnya. Editor : gora kunjana (gora_kunjana@investor.co.id).


Baca Juga

0  Komentar