Tanda Bahaya Investasi Kripto

Koran Tempo   Minggu, 16 Mei 2021

img

Tanda bahaya investasi kripto jakarta – otoritas jasa keuangan ( ojk ) mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dalam berinvestasi di aset kripto ( cryptocurrency ). Ketua satuan tugas waspada investasi ojk, tongam lumban tobing, menuturkan aset kripto memiliki risiko yang tinggi karena tidak memiliki underlying asset yang menaungi nilai investasi. Pergerakan harga terjadi hanya berdasarkan permintaan dan penawaran. "aset kripto nilainya fluktuatif, sewaktu-waktu dapat naik dan turun.

Masyarakat harus paham dari awal mengenai potensi dan risikonya," ujarnya, pekan lalu. Menurut tongam, ojk banyak menerima aduan dari masyarakat yang merasa dirugikan saat berinvestasi di aset kripto. Tongam mencontohkan investor yang merugi karena berinvestasi melalui platform investasi yang tak memiliki izin dari badan pengawas berjangka komoditi (bappebti). Berdasarkan undang-undang nomor 10 tahun 2011, aset kripto dikategorikan sebagai subyek kontrak berjangka yang diawasi oleh bappebti.

Saat ini terdapat 13 platform perdagangan aset kripto berizin di indonesia. "jangan tergiur dengan iming-iming keuntungan besar, tapi ketika dicek ternyata lembaga yang menawarkan tidak terdaftar," tuturnya. Masyarakat juga diimbau tak tergiur tawaran investasi kripto dari platform perdagangan luar negeri atau terpengaruh anjuran investasi kripto yang digaungkan oleh selebritas dan pebisnis dunia. "kalau masyarakat mau berdagang kripto, sebaiknya di tempat yang sudah masuk bappebti atau bursa berjangka jakarta," kata tongam.

Suasana kantor otoritas jasa keuangan di jakarta. Tempo/tony hartawan tongam mengimbuhkan, salah satu upaya ojk untuk melindungi masyarakat dari risiko adalah tidak memasukkan perdagangan kripto ke ranah pasar keuangan dan perbankan domestik. "hal itu dilakukan untuk membendung aliran dana ke luar negeri," ia mengungkapkan. Salah satu pebisnis dunia yang aktif mempromosikan aset kripto adalah ceo tesla, elon musk.

Lonjakan nilai bitcoin cs dianggap lebih disebabkan oleh dukungan dari tokoh-tokoh terkenal, seperti musk. Direktur riset center of reform on economics indonesia, piter abdullah redjalam, menyatakan kondisi tersebut membuat investasi aset kripto kian rentan. Piter mencontohkan, pada 13 mei lalu, musk mengunggah cuitan di akun twitter miliknya yang menyatakan tesla akan menangguhkan kebijakan pembelian mobil menggunakan bitcoin karena alasan lingkungan. Akibat cuitan tersebut, kapitalisasi bitcoin senilai rp 5,16 kuadriliun menguap dalam waktu singkat.

"ketika para endorser berhenti memuja koin digital, bisa muncul risiko besar kerugian. Tinggal investor yang meratapi raibnya dana mereka," ujar piter. Ia berpendapat, uang kripto awalnya ditujukan sebagai alat pembayaran. Namun, karena sebagian besar bank sentral di dunia menolak mata uang kripto sebagai alat pembayaran, uang digital itu beralih menjadi sarana investasi.

Di indonesia, bappebti memberikan izin perdagangan kripto sebagai komoditas. "aturan itu juga sebenarnya kurang tepat karena komoditas adalah sesuatu yang riil dan memiliki underlying value , seperti komoditas emas dan nikel," ucap piter. Di sisi lain, dia menilai, kehadiran bitcoin cs sebagai produk investasi perlu dievaluasi oleh ojk. Ketegasan dan keselarasan sikap antara ojk dan bappebti diperlukan untuk melindungi investor.

Apabila ternyata tidak memenuhi ketentuan, aset kripto harus dinyatakan sebagai produk ilegal untuk mencegah terbentuknya gelembung investasi. Perhatian terhadap mengenai bahaya investasi kripto tak hanya bergulir di dalam negeri. Menteri keuangan amerika serikat janet yellen telah mengeluarkan peringatan tentang risiko aset kripto bagi investor ataupun publik. "kripto adalah aset yang sangat spekulatif dan orang harus sadar bahwa ini bisa sangat tidak stabil," ujarnya.

Pendiri traderindo.com, wahyu laksono, menyebutkan peringatan yang disampaikan ojk sudah tepat karena bertujuan memberikan pemahaman dan meningkatkan kewaspadaan investor. Apalagi tingkat literasi keuangan masyarakat indonesia yang masih rendah membuat spekulasi di pasar keuangan masih diminati selama menjanjikan keuntungan. "memang ada kelompok elite yang punya banyak sekali uang (melakukan investasi). Ini tidak bisa dibendung karena konteksnya global dan digital.

Namun pemerintah bisa melindungi investor biasa dan pemula," kata dia. Sementara itu, wakil menteri perdagangan jerry sambuaga menuturkan prospek investasi aset kripto diproyeksikan semakin besar. Pasalnya, minat masyarakat berinvestasi di aset digital terus meningkat sejak 2017 dan berlanjut pada masa pandemi covid-19. "nilai transaksi aset kripto di indonesia hingga februari 2021 telah menembus rp 70 triliun," katanya.


Baca Juga

0  Komentar