TB Hasanuddin: Anggaran Pengadaan Alutsista Baru Wacana, di mana Kerugian Negaranya?

Pikiran Rakyat   Sabtu, 29 Mei 2021

img

Tb hasanuddin: anggaran pengadaan alutsista baru wacana, di mana kerugian negaranya? pikiran rakyat - anggota komisi i dpr ri dari mayjen tni (purn) tb hasanuddin membantah pihak-pihak yang menuding ada kerugian negara dari rencana kementerian pertahanan mengalokasikan anggaran hingga 1.760 triliun untuk melakukan modernisasi alat-alat utama persenjataan (alutsista). Sebab, menurut politisi senior pdi-p itu, hal tersebut baru rencana yang disampaikan kemhan. "itu kan baru konsep perencanaan awal, belum masuk pada tahap pembelian/pengadaan," kata hasanuddin kepada wartawan, sabtu 29 mei 2021. Menurut hasanuddin, rencana itu masih dikaji dan tentu disesuaikan dengan keuangan negara.

Termasuk skema yang akan dilakukan seperti apa, masih dibahas di kementerian keuangan. "kerugian negara bagaimana, anggarannya saja kan masih dihitung. Bahkan mendapat persetujuan pun belum," tegasnya. Kendati demikian, hasanuddin menegaskan, pihaknya mendukung penuh langkah-langkah modernisasi alutsista dalam rangka penguatan sistem pertahanan negara.

Sebab, nyaris seluruh alutsista yang dimiliki indonesia sudah tua, bahkan banyak yang merupakan hibah negara asing. Ia mengatakan, modernisasi alutsista telah menjadi kebutuhan agar anggaran tni tidak habis untuk pemeliharaan alutsista yang sudah tak layak pakai. "pada prinsipnya saya setuju untuk memodernisasi alut sista tni yang hampir 70 persen sudah tua. Tetapi memang anggaran yang dibutuhkan cukup besar.


Baca Juga

0  Komentar