Top! Hampir Separuh Karyawan BSI adalah Perempuan

Investor   Rabu, 21 April 2021

img

Top! hampir separuh karyawan bsi adalah perempuan jakarta, investor.id - hampir separuh dari total 20 ribu karyawan pt bank syariah indonesia tbk (bsi) adalah perempuan. Bahkan, porsi perempuan di jajaran senior management hampir 20%, sedangkan di jajaran direksi mencapai 20%. “jadi, kesetaraan gender di bsi sudah hampir mendekati 50%,” ujar direktur utama bsi, hery gunardi pada webinar bertajuk perempuan tangguh y ang menginspirasi b agi pembangunan ekonomi syariah indonesia di jakarta, rabu (21/4). Acara yang digelar majalah investor dan pt bank syariah indonesia tbk (bsi) itu juga menghadirkan deputi gubernur bank indonesia (bi) destry damayanti, pimpinan baznas saidah sakwan, staf khusus presiden ri angkie yudistia, deputi director businesss incubation shariah kneks indarwati rifianingrum, dan founder royal kaftan amy atmanto.

Webinar yang diselenggarakan bertepatan dengan hari kelahiran ra kartini pada 21 april itu ditujukan untuk mengapresiasi peran kaum perempuan dalam pembangunan ekonomi syariah di tanah air. Direktur utama bsi, hery gunardi menegaskan, berkat perjuangan ra kartini 10 dekade silam, kaum perempuan kini memiliki peluang dan kesempatan yang sama dengan kaum pria. Alhasil, peran perempuan saat ini amat diperhitungkan di berbagai sektor kehidupan. "peran perempuan, baik di dalam rumah tangga, pendidikan, maupun pekerjaan, juga di sektor usaha syariah, sangat signifikan," ujar hery gunardi dalam acara yang dipandu direktur pemberitaan berita satu media holdings (bsmh), primus dorimulu tersebut.

Berdasarkan data badan pusat statistik (bps), tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan per agustus 2020 mencapai 53% lebih, meningkat dibandingkan pada 2018 dan 2019 masing-masing sebesar 52 % dan 52,5%. Menariknya, menurut hery gunardi, bsi memiliki jumlah pegawai perempuan yang signifikan. Dengan demikian, mereka berperan besar terhadap kemajuan emiten yang melantai di bursa efek indonesia (bei) dengan sandi saham bris itu. "dari total hampir 20 ribu karyawan bsi, sekitar 40%-nya perempuan.

Menariknya, porsi perempuan di jajaran senior management hampir 20%, sedangkan porsi perempuan pada jajaran b oard of d irector (bod) mencapai 20%. Jadi, kesetaraan gender di bsi sudah hampir 50%," papar dia. Hal itu, kata hery gunardi, membuktikan bahwa peran perempuan semakin diperhitungkan dalam dunia bisnis dan keuangan, termasuk di perbankan syariah, khususnya di bsi. Perjuangan kartini hery gunardi menjelaskan, webinar tersebut menjadi pengingat perjuangan ra kartini, tokoh perempuan yang lahir pada 21 april 1879 di jepara, jawa tengah.

Ra kartini yang wafat pada 17 september 1904 di kabupaten rembang, jawa tengah memperjuangkan kaum perempuan untuk mendapatkan hak yang sama dengan kaum pria, termasuk dalam pengembangan kewirausahaan. "hasilnya sudah bisa kita lihat sendiri saat ini, banyak sekali partisipasi kaum perempuan dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara," tutur hery. Pencapain itu, menurut hery gunardi, buka karena adanya faktor belas kasihan, melainkan karena kemampuan dan profesionalitas kaum perempuan. “webinar ini diharapkan mampu meningkatkan literasi keuangan syariah dan bisa menebarkan inspirasi kepada seluruh masyarakat, terutama ‘kartini-kartini milenial’ bahwa perempuan selayaknya memegang peran penting dalam kemajuan berbangsa dan bernegara,” papar dia.


Baca Juga

0  Komentar