Wall Street "Kebakaran" tapi IHSG Punya Senjata Rahasia!

Cnbcindonesia-market   Selasa, 20 April 2021

img

Wall street "kebakaran" tapi ihsg punya senjata rahasia! jakarta, cnbc indonesia - indeks harga saham gabungan (ihsg) ditutup terkoreksi pada perdagangan selasa (20/4/21). Sempat ambruk 0,9%, koreksi ihsg terpangkas menjadi 0,23% di level 6.038,32 setelah seharian berkutat di zona merah. Nilai transaksi tercatat sebesar rp 8,5 triliun. Terpantau investor asing menjual bersih rp 321 miliar di pasar reguler.

Rapat dewan gubernur (rdg) bank indonesia pada senin (19/4/2021) hingga selasa (20/4/2021) memutuskan untuk mempertahankan bi 7-day reverse repo rate (bi7drr) sebesar 3,50%. Semenntara suku bunga deposit facility sebesar 2,75% dan suku bunga lending facility sebesar 4,25%. Gubernur bi perry warjiyo bersama deputi gubernur senior dan anggota dewan gubernur lain melihat keputusan tersebut sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Bi memandang masih terjadi ketidakpastian pasar keuangan global.

Namun, bank sentral merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi dalam negeri pada 2021 menjadi 4,1-5,1%. Perkiraan tersebut lebih rendah dari yang sebelumnya yaitu 4,3-5,3%. "pertumbuhan ekonomi diperkirakan 4,1-5,1%," ungkap gubernur bi perry warjiyo dalam konferensi pers virtual, kemarin. Meski direvisi ke bawah namun perkiraan tersebut masih lebih tinggi dibandingkan realisasi 2020 yang masih kontraksi.

Pertumbuhan ditopang oleh perbaikan ekspor, berlanjutnya stimulus fiskal dan perbaikan investasi. Sementara itu obligasi tenor 10 tahun milik paman sam yang sempat menghantui pasar saham kembali terkoreksi ke level 1,555% setelah sempat naik ke level 1,615%. Obligasi as ini sempat menyentuh level 1,77% dan menyebabkan pasar saham di berbagai belahan negara dunia tumbang karena adanya ketakutan the fed akan menaikkan suku bunga. Dengan meredanya yield obligasi as, sejatinya menjadi kabar baik bagi pasar modal.

Ketakutan pasar bahwa the fed akan menaikkan suku bunga juga sudah berkurang di mana disebutkan setidaknya dewa moneter as itu akan terus mempertahankan suku bunga 0% paling tidak hingga akhir tahun ini. Berbeda dengan ihsg, nilai tukar rupiah melanjutkan tren positif melawan dolar amerika serikat (as) pada perdagangan selasa. Rupiah mampu membukukan penguatan 3 hari beruntun, sekaligus menjadi yang terbaik di asia. Melansir data refinitiv, rupiah membuka perdagangan dengan menguat 0,45% ke rp 14.480/us$.

Level tersebut menjadi yang terkuat pada hari ini, setelahnya penguatan rupiah terpangkas hingga kembali ke rp 14.525/us$. Namun, rupiah kembali mempertebal penguatan, dan mengakhiri perdagangan di rp 14.495/us$, menguat 0,34% di pasarspot. Sementara itu, harga obligasi pemerintah atau surat berharga negara (sbn) mayoritas ditutup menguat pada perdagangan selasa (20/4/2021), setelah bank indonesia (bi) mempertahankan suku bunga acuannya pada periode april 2021. Mayoritas sbn kembali ramai dikoleksi oleh investor, ditandai dengan penurunan imbal hasil (yield) di hampir seluruh tenor acuan sbn.


Baca Juga

0  Komentar