Wamenag: Kontribusi Ormas Islam Tentukan Wajah Masa Depan Indonesia

Investor   Minggu, 11 April 2021

img

Wamenag: kontribusi ormas islam tentukan wajah masa depan indonesia jakarta, investor.id - wakil menteri agama (wamenag), zainut tauhid sa'adi mengatakan, peran dan kontribusi ormas-ormas islam yang bergerak di bidang pendidikan, dakwah dan ekonomi akan menentukan gambaran wajah indonesia masa depan. Hal ini disampaikan wamenag saat meyampaikan paparan dengan tema peranan ormas islam di era digital dalam gelaran halaqoh penceramah agama dan lauching aplikasi ustadzkita. Menurut zainut, sebagian ormas islam di tanah air telah lahir dan berkiprah sebelum lahirnya nkri. Oleh karena itu, tentu saja ormas-ormas islam telah matang ditempa zaman dan memiliki pengalaman di ranah dakwah, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

"saya perlu mengingatkan bahwa peranan dan kontribusi ormas-ormas islam yang bergerak di bidang pendidikan, dakwah dan ekonomi akan menentukan gambaran wajah indonesia masa depan," kata zainut dalam siaran pers diterima beritasatu.com , minggu (11/4/2021). Selanjutnya, zainut meyakini, ormas-ormas islam menyadari betapa strategisnya peranan dakwah dan kemampuan merespons tantangan yang dihadapi umat dan bangsa dewasa ini. Oleh karena itu, zainut mengapresiasi peran yang selama ini telah dilakukan oleh ormas-ormas islam di bidang sosial-ekonomi dan dakwah. Dikatakan dia, isu kemiskinan dan penguatan akidah umat perlu mendapat perhatian serius dari organisasi islam melalui dakwah yang menyejukkan dan membebaskan umat dari kemiskinan, keterbelakangan dan perpecahan. dalam hal ini, ia berharap ormas-ormas islam memberi perhatian besar terhadap pendidikan anak-anak dari keluarga fakir miskin, dan anak-anak penyandang masalah sosial lainnya.

"dalam kondisi keuangan negara kita yang terbatas, maka partisipasi masyarakat, termasuk partisipasi organisasi-organisasi islam, sangat dibutuhkan. Begitu pula, dalam penanganan dampak covid-19 peran dan kontribusi ormas-ormas islam sangat signifikan," ucapnya. Selanjutnya, zainut juga menegaskan ormas-ormas islam tidak cukup hanya ber-fastabiqul khairat, melainkan harus melakukan amal jama'i, sinergi, koordinasi dan kolaborasi untuk mengusung agenda bersama dan merespon permasalahan umat dan bangsa. "pada hemat saya, dua kata kunci yaitu komitmen kebangsaan dan kemajuan umat, haruslah menjadi nafas perjuangan seluruh ormas islam di tanah air," ujar zainut.


Baca Juga

0  Komentar