1 Tahun 3 Miliarder Teknologi China Mundur dari CEO, Ada Apa? : Okezone Economy

Buzz Feed   Jumat, 21 Mei 2021

img

1 tahun 3 miliarder teknologi china mundur dari ceo, ada apa? : okezone economy jakarta – miliarder asal china zhang yiming memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai ceo bytedance secara mendadak pada 20 mei 2021. Dia akan menanggalkan posisi tersebut pada akhir tahun mendatang. Terkenal karena aplikasi video pendek perusahaannya tiktok dan aplikasi agregasi berita toutiao, zhang, yang baru berusia 37 tahun, adalah miliarder teknologi china terbaru yang mundur dari perusahaannya dalam beberapa tahun terakhir. Baca juga: zhang yiming, ‘bapak’ tiktok mengundurkan diri dari ceo bytedance “sebenarnya, saya kekurangan beberapa keterampilan yang membuat manajer ideal.

Saya lebih tertarik untuk menganalisis prinsip organisasi dan pasar, dan memanfaatkan teori ini untuk mengurangi pekerjaan manajemen, daripada benar-benar mengelola orang. Demikian pula, saya tidak terlalu sosial, lebih memilih aktivitas soliter seperti online, membaca, mendengarkan musik dan melamun tentang apa yang mungkin terjadi, ”kata zhang dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari forbes, jumat (21/5/2021). Dia mengatakan, setelah beberapa bulan memikirkan hal ini, dirinya sampai kepada kesimpulan bahwa transisi keluar dari peran ceo, dengan semua tanggung jawab terkait sehari-hari, akan memungkinkannya untuk memiliki dampak yang lebih besar pada inisiatif jangka panjang. Baca juga: daftar 10 orang tajir melintir berkat tiktok, terkaya punya rp87 miliar zhang, yang memiliki kekayaan usd36 miliar, mengumumkan bahwa liang rubo, yang sebelumnya mengepalai penelitian dan pengembangan bytedance dan yang saat ini memimpin departemen sumber daya manusianya, akan menjadi penggantinya.

Kedua pria itu akan bekerja sama dalam transisi dalam enam bulan ke depan. Zhang belum mengatakan apa peran barunya di bytedance, meskipun dia mengindikasikan bahwa dia akan bekerja lebih banyak pada filantropi dan strategi jangka panjang setelah dia menyerahkan operasi sehari-hari. Bytedance tidak menanggapi permintaan komentar dari forbes. Dua miliarder teknologi china terkemuka lainnya telah melakukan langkah serupa.

Colin zheng huang, pendiri dan mantan ceo penjual diskon online pinduoduo, meninggalkan perusahaannya tahun ini. pada bulan maret, huang, yang sekarang memiliki kekayaan usd46,3 miliar, mengumumkan bahwa dia melepaskan kursi ketuanya dan meninggalkan dewan, setelah mengundurkan diri sebagai ceo pada juli 2020. huang, 41, mendirikan pinduoduo pada tahun 2015 setelah bertugas sebagai insinyur google dan mengambil publik perusahaan di nasdaq hanya tiga tahun kemudian. perusahaan e-commercer itu dengan cepat mendapatkan popularitas melalui skema pembelian kelompoknya pelanggan mendapatkan diskon jika mereka membentuk kelompok dengan pembeli daring lainnya dan melihat bisnisnya meledak selama pandemi covid-19. Pendapatan pinduoduo tahun 2020 sebesar usd9,1 miliar meningkat 97% dibandingkan tahun 2019, dan sekarang pinduoduo membanggakan jumlah pembeli aktif tertinggi di china, dengan 788 juta orang. huang berkata pada bulan maret bahwa dia berencana menghabiskan waktu luang barunya untuk mengejar penelitian ilmu makanan dan kehidupan; pinduoduo mengklaim sebagai platform terbesar di china untuk menjual barang-barang pertanian, terutama hasil bumi yang ditanam oleh petani. “saya berharap pengunduran diri saya sebagai ketua dewan akan membantu anak muda ini menjadi dewasa yang mandiri,” kata huang dalam sebuah pernyataan. pengunduran diri tingkat tinggi ketiga dalam beberapa tahun terakhir: jack ma dari alibaba, yang pensiun sebagai ketua konglomerat e-commerce pada september 2019 dan mengundurkan diri dari dewannya pada tahun 2020. kekayaan seorang mantan guru bahasa inggris itu bernilai usd46,6 miliar. Sejak itu, pria berusia 56 tahun itu menghabiskan lebih banyak waktu untuk filantropi melalui jack ma foundation, tetapi masih mengalami masalah setelah dia berbicara menentang regulator china di forum shanghai pada oktober 2020. Pada november, regulator menghentikan ipo ant group, yang diharapkan menjadi pencatatan ganda pencatatan rekor di shanghai dan hong kong hanya beberapa hari sebelum penawaran umum yang direncanakan. sejak itu, ant group, sebuah perusahaan fintech yang keluar dari alibaba, melakukan restrukturisasi.


Baca Juga

0  Komentar