[Cek Fakta] KPK Geledah Kantor Kemenhan Ungkap Mafia Alutsista? Ini Faktanya

Medcom   Selasa, 11 Mei 2021

img

[cek fakta] kpk geledah kantor kemenhan ungkap mafia alutsista? ini faktanya beredar video dengan narasi judul komisi pemberantasan korupsi (kpk) menggeledah kantor kementerian pertahanan. Penggeledahan terkait pengungkapan mafia pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Kanal youtube skema politik membagikan video ini pada 11 mei 2021. Video berjudul "dal4ng korupsi alusista terungk4p, prabowo t3rlib4t" dalam halaman sampul video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"mengejutkan mafia alutsista terungkap kpk geledah kantor kemenhan, kagetkan prabowo". Penelusuran: dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom , klaim kpk menggeledah kantor kemenhan adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi penggeledahan di kantor kemenhan. Video berdurasi 10 menit 28 detik itu, tidak ada narasi atau informasi penggeledahan kpk di kantor kemenhan.

Dilansir kompas.com , juru bicara menteri pertahanan prabowo subianto, dahnil anzar simanjuntak menyebut, prabowo mendorong pihak yang mengetahui adanya mafia alutsista agar melapor ke komisi pemberantasan korupsi (kpk) atau kepolisian. Dugaan adanya mafia alutsista sebagaimana diungkapkan pengamat militer connie rahakundini dengan inisial "mister m". "menteri pertahanan prabowo subianto sangat berterima kasih bila bu connie menyebutkan dan membuka saja siapa mafia yang dia sebut berinisial mister m, bila perlu laporkan tindakan yang bersangkutan ke kpk atau kepolisian," ujar dahnil. Dilansir okezone.com , komisi pemberantasan korupsi (kpk) mempersilahkan kepada pihak-pihak yang menyebut adanya mafia alutsista dengan inisial mr.

M untuk dilaporkan. Hal tersebut menanggapi ucapan pengamat militer, connie rakahundini yang menyebut adanya sosok mafia alutsista yang disebutnya mr m. "silakan laporkan kepada kpk dengan data awal yang dimiliki melalui layanan saluran pengaduan kpk," ujar pelaksana tugas (plt) juru bicara kpk ali fikri. Kesimpulan: klaim kpk menggeledah kantor kemenhan adalah salah.

Faktanya, tidak ada informasi penggeledahan di kantor kemenhan. Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.


Baca Juga

0  Komentar