Gencatan Senjata Israel dan Hamas Kemungkinan Tercapai Besok

CNN Indonesia - Timur tengah   Kamis, 20 Mei 2021

img

Gencatan senjata israel dan hamas kemungkinan tercapai besok jakarta, cnn indonesia -- meski situasi di kawasan masih membara, kesepakatan gencatan senjata antara israel dan faksi palestina yang menguasai jalur gaza, hamas, dilaporkan kemungkinan akan tercapai besok, jumat (21/5), waktu setempat. Sejumlah pejabat mengatakan kepada the wall street journal bahwa para diplomat di lapangan optimistis gencatan senjata akan tercapai melihat tanggapan positif dari israel dan hamas dalam diplomasi bawah tanah. Menurut pejabat-pejabat itu, para diplomat dari amerika serikat, qatar, mesir, dan sejumlah negara eropa lainnya sudah menggencarkan upaya diplomasi itu dalam beberapa hari belakangan. #div-gpt-ad-1589442221437-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } saat ini, mereka masih terus membahas detail kesepakatan gencatan senjata.

Para pejabat itu menganggap hal terpenting dalam mencapai kesepakatan ini adalah waktu. Selain itu, mereka juga harus memikirkan kelompok-kelompok lain yang membantu hamas di jalur gaza, seperti palestinian islamic jihad. Kelompok-kelompok itu bisa melakukan provokasi sehingga situasi kian kacau walau israel dan hamas sudah menyepakati gencatan senjata. Meski demikian, duta besar israel untuk as dan perserikatan bangsa-bangsa, gilad erdan, yakin hamas akan menyepakati gencatan senjata demi melindungi infrastruktur di jalur gaza.

"israel juga ingin melindungi warga dan memastikan perdamaian dan keamanan, jadi kami ingin 'pengobatan' dan bukan sekadar 'penutup luka'. hamas juga harus berhenti menembakkan roket ke israel," ucap erdan. Pejabat politik hamas, moussa abu marzouk,juga mengatakan bahwa mereka optimistis kesepakatan gencatan senjata ini akan tercapai dalam hitungan hari. "saya rasa upaya-upaya yang sedang berjalan mengenai gencatan senjata itu akan sukses," ujar marzouk kepada stasiun televisi libanon, al-mayadeen, seperti dikutip reuters, kamis (20/5). Ia kemudian berkata, "saya rasa gencatan senjata akan tercapai dalam satu atau dua hari dan gencatan senjata itu akan berdasarkan kesepakatan bersama." sementara itu, kepala biro politik luar negeri hamas, khaled meshaal, mengatakan kepada the wall street journal bahwa mereka akan menyepakati gencatan senjata jika persyaratan terpenuhi.

Persyaratan hamas itu termasuk israel menghentikan serangan ke gaza dan menjamin kebebasan muslim untuk beribadah di masjid al aqsa, yerusalem. [gambas:video cnn] israel sendiri menyatakan bahwa mereka sudah menghentikan pembatasan ibadah bagi muslim di kompleks al aqsa karena masalah keamanan. Selain di lapangan, diplomasi di tingkat perserikatan bangsa-bangsa juga masih terus berlangsung. Dewan keamanan pbb sudah menggelar sejumlah rapat darurat terkait israel dan palestina.

Majelis umum pbb juga akan menggelar debat untuk membahas situasi terkini di israel dan palestina pada kamis pukul 10.00 waktu new york, amerika serikat. Sementara upaya diplomasi bawah tanah dan internasional sedang berjalan, pertempuran antara israel dan hamas masih terus berlangsung. Israel masih terus melancarkan serangan udara yang hingga kini sudah menewaskan 228 orang di jalur gaza. Sementara itu, hamas juga terus menghujani israel dengan roket dan menewaskan 12 orang.


Baca Juga

0  Komentar