Hari Trisuci Waisak 2565 BE Bisa Digelar di Vihara Dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

Tribun Jabar   Selasa, 25 Mei 2021

img

Hari trisuci waisak 2565 be bisa digelar di vihara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tribunjabar.id, bandung - hari trisuci waisak 2565 be akan bertepatan dengan 26 mei 2021. Dalam kondisi pandemi covid-19, peringatan dan puja bhakti hari raya umat buddha ini akan diselenggarakan di berbagai vihara di jawa barat. Uniknya lagi, waisak kali ini bertepatan dengan fenomena alam gerhana bulan. Dengan demikian, puja bhakti peringatan detik waisak kemungkinan akan diselenggarakan berbarengan dengan salat gerhana yang diselenggarakan umat islam.

Kementerian agama ri pun menerbitkan tuntunan pelaksanaan puja bhakti atau sembahyang dan meditasi detik waisak. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 26 mei 2021 pukul 18.13.30 wib dan dapat dilaksanakan di lingkungan rumah ibadah maupun tempat umum. Kementerian agama ri pun mengeluarkan panduan salat gerhana. Berdasarkan data astronomi, pada 26 mei 2021, akan terjadi gerhana bulan total atau khusuful qamar.

Gerhana diperkirakan akan berlangsung sejak pukul 18.09 sampai 20.51 wib. Aktivis mahasiswa buddhis dari kota bandung, ravindra, mengatakan memang waisak selalu bertepatan dengan bulan purnama. Namun akan jadi menarik saat waisak bertepatan dengan gerhana bulan karena sembahyang dapat bersamaan dengan salat gerhana. "memang biasanya waisak selalu bertepatan dalam bulan-bulan purnama atau gerhana.


Baca Juga

0  Komentar