Mengenal Zakat Mal Beserta Cara Menghitungnya

Buzz Feed   Sabtu, 1 Mei 2021

img

Mengenal zakat mal beserta cara menghitungnya © disediakan oleh kumparan ilustrasi sapi sebagai bentuk zakat mal. Foto: pexels oleh julia volk. Selain berpuasa, zakat merupakan kewajiban umat muslim yang dicatat pada rukun islam keempat. Selain zakat penghasilan dan fitrah, terdapat zakat mal atau yang biasa dikenal sebagai zakat harta. dilansir dari zakat.or.id, zakat mal merupakan zakat yang dikeluarkan dari hasil barang yang dimiliki, disimpan, dihimpun, atau dikuasai.

Sedangkan mal berasal dari bahasa arab yang artinya harta. Zakat mal memiliki beragam jenisnya. Berdasarkan kaidah fikih, terdapat empat jenis zakat mal dan perbedaan cara menghitungnya. 1. Zakat penghasilan atau zakat profesi (al-mal al-mustafad) meskipun terdapat perbedaan pada praktiknya, zakat penghasilan termasuk salah satu jenis zakat mal.

Syekh yusuf al-qardawi di dalam fiqhuz zakah menyebutkan bahwa zakat penghasilan atau profesi dikenakan pada setiap profesi tertentu yang menghasilkan pendapatan hingga memenuhi nisab. Berdasarkan firman allah dalam surat al-baqarah ayat 267, allah mengisyaratkan bahwa zakat dikenakan kepada apa yang diusahakan (al-kasbu). © disediakan oleh kumparan cara menghitung zakat profesi memiliki tiga pendekatan, yaitu dianalogikan zakat emas dan zakat perak, dianalogikan zakat pertanian, dan dianalogikan pada dua hal sekaligus (qiyas syabah). Secara praktik, kementerian agama ri telah menetapkan dalam peraturan menteri agama no 31 tahun 2019 bahwa nisab zakat penghasilan senilai 85 gram emas serta kadar zakat pendapatan dan jasa sebesar 2,5 persen.

Umat muslim menunaikan zakat penghasilan dengan ketentuan harga emas terbaru. Misalnya, harga emas per 11 mei 2020 adalah rp 900.000, maka nisab zakat profesi rp 76.500.000 per tahun atau rp 6.375.000 per bulan. Dengan demikian, orang muslim yang memiliki penghasilan atau upah (take home pay) lebih dari rp 6.375.000 per bulan, ia sudah wajib zakat penghasilan. 2. Zakat saham zakat saham termasuk jenis zakat mal yang harus anda perhatikan ketika menghitungnya.

Boleh saja senang melihat cuan pada portofolio, tapi jangan lupa sisihkan sebagian untuk berbagi. zakat saham ditetapkan berdasarkan kesepakatan para ulama pada muktamar internasional pertama tentang zakat di kuwait tanggal 29 rajab 1404 hijriyah. Karena saham didasarkan pada nilai jual dan beli, maka nisab zakat saham dianalogikan seperti nisab perdagangan, yaitu setara 85 gram emas. Lalu, zakatnya dikeluarkan setiap laporan tahunan terbit. Berikut cara menghitung zakat saham. 2,5% x jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun (nilai saham + dividen) = zakat.

3. Zakat perniagaan (tijarah) jenis zakat mal selanjutnya adalah zakat dari perdagangan atau niaga. Suatu harta disebut harta niaga apabila digunakan untuk bisnis yang berorientasi pada profit. Perintah untuk mengeluarkan zakat perniagaan tertera dalam surat al-baqarah ayat 267 dan hadis rasulullah saw.

Sebagai berikut “dari samurah bin jundub nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk mengeluarkan sedekah (zakat) dari barang yang kami sediakan untuk perniagaan.” (hr. Abu daud no. 1587, baihaqi 4/141-147). berikut cara menghitung zakat perniagaan secara manual. [(modal diputar + keuntungan + piutang yang dapat dicairkan) – (hutang + kerugian)] x 2,5 % = zakat. 4.

Zakat hewan ternak masuk ke zakat mal yang terakhir, yakni zakat hewan ternak. Hal ini merujuk pada hadis nabi riwayat al-bukhari dari abi zar yang menyebutkan bahwa unta, sapi, kerbau, kambing, dan hewan ternak sejenisnya wajib diperhitungkan zakatnya oleh peternak. dilansir zakat.or.id, zakat hewan memiliki ketentuan yang harus diperhatikan dan dipatuhi agar zakatnya sah. Berikut ketentuannya. Hewan ternak sepenuhnya milik sendiri, bukan hasil utang atau bercampur dengan hak orang lain.

Hewan ternak baru boleh dibayar zakatnya jika masa kepemilikan sudah mencapai satu tahun (haul). Dirawat dan digembalakan sepanjang tahun untuk memperoleh susu, daging, dan hasil pengembangbiakannya. Hewan tidak dipakai untuk membajak sawah, mengangkut barang, atau menarik gerobak. Seperti yang dicatat dalam sabda rasulullah saw.

Yang artinya: “tidaklah ada zakat untuk sapi yang digunakan bekerja.” (hr abu daud dan daruqutni). Berbeda dengan harta tangible lainnya, nisab atau batas minimum berzakat hewan ternak dinilai berdasarkan jumlah per ekor. Berikut rinciannya: kambing, biri-biri, dan domba: nisab 40 – 120 ekor, 1 tahun, kadar zakat 1 ekor umur 1 tahun. Lalu, nisab 121 – 200 ekor, 1 tahun, maka kadar zakatnya 2 ekor.

Begitu seterusnya untuk setiap tambahan 100 ekor, maka wajib zakatnya bertambah 1 ekor dengan usia hewan 1 tahun. Sapi dan kerbau: nisab 30 ekor, 1 tahun, maka wajib zakatnya 1 ekor berumur 1 tahun. Lalu, nisab 40 ekor, 1 tahun, maka kadar zakatnya 1 ekor umur 2 tahun. Begitu seterusnya setiap bertambah 30 ekor, maka zakatnya bertambah 1 ekor dengan umur hewan 1 tahun.

Kemudian, setiap bertambah 40 ekor, maka zakatnya tambah 1 ekor umur 2 tahun. Sementara itu, ternak unggas atau hewan air seperti ayam, bebek, burung, ikan, dan lainnya tidak ditetapkan berdasarkan jumlah, namun skala usaha. itulah pengertian, jenis, dan cara menghitung zakat mal. Agar lebih mudah, akses kalkulator zakat dompet dhuafa untuk menghindari kesalahan dalam penghitungan. sempurnakan ibadah ramadhan dengan zakat mal di dompet dhuafa. Sebagian hartamu milik saudara yang membutuhkan, maka mari sucikan kekayaanmu. artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan dompet dhuafa source link.


Baca Juga

0  Komentar