MUI Sentil Pengurus Masjid Bekasi Usir Jemaah Bermasker

CNN Indonesia - Peristiwa   Senin, 3 Mei 2021

img

Mui sentil pengurus masjid bekasi usir jemaah bermasker jakarta, cnn indonesia -- ketua komisi fatwa majelis ulama indonesia (mui) hasanuddin abdul fatah mengatakan pengusiran jemaah bermasker dari masjid al amanah, kota bekasi, jawa barat tak dapat dibenarkan. Menurutnya, penggunaan masker dan menjaga jarak di tempat-tempat umum, seperti di masjid saat pandemi virus corona (covid-19) tak perlu dipersoalkan. "kalau benar diusir, pengurus masjidnya saja yang enggak benar itu," kata hasanuddin kepada cnnindonesia.com, senin (3/5). #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } hasanuddin menegaskan seseorang yang menggunakan masker ketika salat hukumnya sah.

Hal tersebut berdasarkan fatwa mui nomor 24 tahun 2021 tentang panduan penyelenggaraan ibadah bulan ramadan dan syawal 1442 h dan fatwa mui nomor 31 tahun 2020 tentang penyelenggaraan shalat jumat dan jemaah untuk mencegah penularan wabah covid-19. "di serangkaian fatwa-fatwa mui yang sudah ada tentang ibadah di tengah pandemi sudah diatur itu. Dalam fatwanya (pakai masker saat salat) tetap sah," ujarnya. Dalam fatwa nomor 31 tahun 2020, menutup mulut saat salat hukumnya makruh kecuali ada hajat syar'iyyah.

Oleh karena itu, salat memakai masker karena ada hajat untuk mencegah penularan virus corona hukumnya sah dan tak makruh. Hasanuddin menyebut merenggangkan saf salat di tengah pandemi saat ini juga diperbolehkan dan tetap sah. Ketentuan ini turut diatur dalam dua fatwa tersebut demi menghindari penyebaran virus corona. Sebuah video viral di media sosial merekam upaya pengusiran terhadap salah satu jemaah di masjid al amanah, harapan indah, kota bekasi.

Pengusiran kepada jamaah diduga karena salat menggunakan masker kapolsek medan satria kompol agus rahmat mengatakan persoalan tersebut telah dimediasi dan diselesaikan secara kekeluargaan. Kepala kantor kementerian agama kota bekasi, shobirin bersama jajarannya mendatangi masjid al amah. Mereka berdialog dengan alfa fahman, putra ketua dkm al amanah abdul rahman yang kedapatan mengusir jamaah bermasker. Shobirin mengatakan pengusiran jemaah bermasker di masjid al amanah terkait dengan adab salat.


Baca Juga

0  Komentar