Penyintas Covid-19 Masih Batuk dan Sesak Napas? Jalani 5 Langkah Rehabilitasi

Tempo - Bontang   Rabu, 7 Juli 2021

img

Penyintas covid-19 masih batuk dan sesak napas? jalani 5 langkah rehabilitasi tempo.co, jakarta - beberapa pertanyaan muncul di sebagian masyarakat tentang bagaimana kondisi orang yang sembuh dari covid-19? meski sembuh, ada sebagian telaah ilmiah yang muncul ke publik tentang kondisi tubuh seseorang setelah sembuh dari covid-19. Advertisement dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi rsud dr iskak tulungangung, dr. Wahyu sita wardani, sp.kfr mengungkapkan seseorang dinyatakan sembuh dari covid-19 setelah menjalani swab pcr atau polymerase chain reaction yang hasilnya negatifselanjutnya, pasien covid-19 melakukan isolasi dengan perawatan dari rumah sakit atau isolasi mandiri. Masalahnya adalah, walaupun pasien telah dinyatakan sembuh dari covid-19, dr.

Sita mengatakan biasanya masih ada gangguan yang dialami oleh penyintas covid-19. "seperti batuk, sesak nafas, mudah lelah, dan lainnya," katanya seperti dikutip tempo dari laman rsud dr iskak tulungagung, rabu 7 juli 2021. Dokter sita memberikan 5 langkah rehabilitasi yang perlu dilakukan bagi penyintascovid-19. 1. Bersikap santaipara penyintas disarankan untuk rileks dan tidak terlalu terburu-buru kembali ke rutinitas yang berat.

Tujuannya yaitu untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas yang lama.2. Menjaga waktu tidur yang cukupdokter sita menyarankan penyintas covid-19 untuk menjaga waktu tidur yang cukup. Karena biasanya pasien covid-19 mengalami gejala seperti susah tidur.ia menyarankan untuk melakukan peregangan agar bisa tidur dengan nyenyak. Latihannya bisa berupa menggerakkan lengan dan tangan untuk melemaskan otot-otot bagian punggung.3.

Latihan pernafasan.menurut dokter sita latihan ini memiliki fungsi untuk memulihkan fungsi paru-paru dengan menggunakan diafragma, yakni ruangan di bawah iga.cara melakukannya yaitu dengan postur duduk tegak tak membungkuk, tangan diletakkan di bawah dada, dan tangan satunya diletakkan di atas dada.kemudian saat menarik nafas, tangan yang memegang diafragma terasa mengangkat, kemudian dikeluarkan pelan-pelan. Usahakan mulut dalam posisi mencucu saat mengeluarkan udara.4. Latihan batuk yang efektif.batuk secara tidak efektif seperti batuk berkali-kali, namun tidak mereda, akan membikin otot kelelahan.dokter sita memberikan tips agar batuk menjadi efektif yaitu dengan cara menarik napas dan buang nafas sebentar, kemudian tarik nafas lagi, lalu tahan 1-2 detik, batuk yang keras sekali saja.5 berolahraga secara rutin.olahraga ini bisa dilakukan secara rutin namun dalam intensitas yang ringan dan sedang. Pilihan olahraga yang bisa dilakukan yaitu seperti jogging, bersepeda, berenang.


Baca Juga

0  Komentar