Siap-siap Gerhana Bulan, Berikut Amalan yang Dianjurkan untuk Dilakukan

Langgam   Rabu, 26 Mei 2021

img

Siap-siap gerhana bulan, berikut amalan yang dianjurkan untuk dilakukan langgam.id – gerhana bulan total (gbt) berwarna merah atau super blood moon akan terjadi pada rabu (26/5/2021). Peristiwa yang disebut juga dengan khusuful qamar itu akan berlangsung sekitar pukul 18.09-20.51 wib. Ditjen bimas islam kementerian agama kamaruddin amin menyarankan masyarakat melakukan sejumlah ibadah sunnah. Tentunya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan demi mencegah covid-19.

“ibadah diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin 5m: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan,” kata kamaruddin seperti dikutip dari situs resmi kemenag, rabu (26/5/2021). Berikut daftar amalan yang dapat dilakukan saat gerhana bulan total: 1. Salat gerhana kamaruddin menyarankan umat islam yang mampu melakukan salat gerhana. Tentunya ibadah sunnah dilakukan sesuai protokol kesehatan 2.

Memperbanyak zikir zikir adalah upaya mengingat allah swt yang kebesarannya ditunjukkan dalam peristiwa gerhana bulan. Selain gerhana, seorang muslim bisa melakukan zikir tiap saat. 3. Berdoa dalam hadist yang diceritakan abu musa, muslim yang menyaksikan gerhana diingatkan untuk mengingat allah swt.

Hadist yang diriwayatkan bukhari itu juga mengingatkan untuk berdoa dan mohon pengampunan. 4. Memperbanyak istighfar membaca istighfar bisa dilakukan tiap saat termasuk gerhana. Istighfar membantu muslim mengingat allah swt, kebesaran-nya, dan keinginan mohon ampunan.

5. Taubat imam al-ghazali dalam buku berjudul al-adab fid din menyebutkan beberapa adab menyambut gerhana bulan. Yaitu: memiliki dan rasa takut, segera bertobat, tidak mudah bosan, segera melaksanakan sholat. 6.


Baca Juga

0  Komentar