4 Hal Penting Terkait Melahirkan Saat Pandemi Menurut IDAI

Prosehat   Rabu, 5 Mei 2021

img

4 hal penting terkait melahirkan saat pandemi menurut idai virus corona atau covid-19 yang masuk ke indonesia sejak awal maret 2020 telah mengubah tata cara atau kebiasaan semua bidang kehidupan supaya bisa menghindari dan memutus rantai penyebaran virus yang lebih ganas daripada sars atau mers tersebut. Salah satu bidang yang berubah untuk menyesuaikan dengan virus tersebut adalah kesehatan yang merupakan bidang paling utama dan terdepan dalam menghadapi covid-19. Tak ketinggalan protokol kesehatan untuk ibu hamil. Protokol diperlukan mengingat corona adalah virus yang mudah menyebar dan cepat masuk ke dalam sistem pernafasan utama seperti paru-paru.

Apalagi ibu hamil merupakan orang yang mudah terpapar virus tersebut karena daya tahan tubuh yang menurun. Tidak hanya ibu hamil, bayi yang dikandung juga terpapar virus sehingga setelah dilahirkan harus segera dijauhkan dari sang ibu. Meskipun penelitian belum bisa dengan pasti mengungkapkan tingkat penularan tersebut. Adanya corona yang mempunyai efek sangat mematikan juga membuat ibu hamil menjadi enggan memeriksakan diri ke puskesmas atau mengikuti kelas khusus ibu hamil.

Ketakutan juga ditambah dengan belum adanya standarisasi yang lengkap untuk apd tenaga medis. Lalu seperti apakah protokol atau pedoman kesehatan untuk ibu hamil pada masa pandemi atau new normal? simak poin-poin di bawah ini seperti yang dipaparkan oleh dr. Toto wisnu hendarto dari pp idai (ikatan dokter anak indonesia). 1.

Memulai pencegahan dengan membaca kia seperti yang sudah diumumkan oleh who pada akhir 2019 bahwa untuk mencegah dan memutus penyebaran virus corona adalah mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik. Perihal mencuci tangan yang baik dan benar ini juga ada dalam buku kia atau kesehatan ibu dan anak 2020 yang telah direvisi. Di dalam buku pegangan utama tersebut juga dijabarkan bahwa mencuci tangan untuk ibu hamil harus memakai juga hand sanitizer dengan kandungan alkohol sebanyak 70% apabila sabun cuci tangan tidak tersedia. Kia untuk corona ini juga memuat beberapa poin penting seperti penggunaan masker untuk mencegah cipratan air liur, baik langsung maupun tidak langsung.

Kemudian menghindari kontak dengan tidak bepergian ke daerah-daerah rawan corona serta tidak berinteraksi dengan hewan-hewan penyebab virus tersebut seperti kelelawar, tikus, dan musang. 2. Lakukan pemeriksaan kehamilan sesuai protokol covid-19 pemeriksaan kehamilan merupakan hal yang harus dilakukan untuk ibu hamil supaya bisa mengetahui kesehatan bayi yang dikandungnya. Pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan di fasilitas-fasilitas kesehatan terpercaya milik pemerintah atau swasta.

Namun dalam masa pandemi atau new normal ini, diusahakan agar bumil tidak terlalu menunggu lama dalam memeriksakan kehamilan. Karena itu, perlu dibuat perjanjian antara ibu hamil dan pihak pemeriksa. Untuk panduan pemeriksaan kesehatan, bumil dapat membaca panduannya melalui kia 2020 yang telah direvisi. Kia juga memuat beberapa risiko tanda bahaya yang mesti diketahui oleh si ibu hamil untuk bayi yang dikandungnya.

Apabila si ibu hamil merasa ada tanda bahaya seperti yang termuat dalam kia, disarankan segera ke fasilitas pelayanan kesehatan. Untuk masa pandemi ini, petugas kesehatan bisa mendatangi rumah supaya ibu hamil bisa menghindari virus corona, dan ibu hamil dapat mengikuti kelas pelatihan kehamilan secara online. Apabila bumil terindikasi terkena covid-19, pemeriksaan usg bisa ditunda sampai masa isolasi berakhir. Untuk ibu hamil yang terindikasi terkena covid-19 juga memerlukan beberapa penanganan khusus seperti tidak memberikan tablet tambah darah, petugas kesehatan melakukan antenatal care selama 14 hari setelah isolasi, dan pembentukan tim multi-disiplin yang terdiri dari beberapa dokter spesialis, serta pemberian konseling.

3. Ketahui beberapa tingkatan pelayanan toto wisnu hendarto juga memaparkan tingkatan pelayanan kelahiran pada masa pandemi dan new normal. Terdapat tiga level seperti yang tercantum di kia 2020 hasil revisi yaitu, level i untuk kemampuan penanganan dasar level ii a dan b untuk kemampuan penanganan khusus level iii a dan b untuk penanganan dasar namun subspesial level iii c dan d untuk penanganan lanjutan level-level ini diberikan kepada fasilitas kesehatan sesuai dengan standar dan apd yang dimiliki untuk pengananan ibu hamil saat pandemi. Juga sesuai dengan status yang disandang si ibu hamil apakah penderita atau bukan.

Jika ia penderita, tentu harus diketahui status penderitanya. Untuk level 1 di indonesia berlaku ketentuan pelayanan umum seperti pasca kelahiran bayi, yaitu 37-42 minggu, dengan berat berkisar di 2.500-4.000 gram. Sedangkan pelayanan luar biasa ada pada level iii plus. Karena level atau tingkatan yang berbeda, tentu saja apd yang digunakan juga berbeda seperti level iii harus menggunakan delivery chamber.

4. Pemberian pelayanan untuk bayi baru lahir bayi yang baru lahir rentan terkena corona dikarenakan belum mempunyai daya imunitas yang bagus. Untuk hal ini dalam pemaparannya idai memberikan 4 tahapan periode waktu dalam penanganan pasca-kelahiran. Tahapan pertama adalah berdasarkan detik (30 detik) tahapan kedua berdasarkan jam (6-12 jam) tahapan ketiga berdasarkan hari (47-72 jam) tahapan keempat berdasarkan minggu pada tahapan pertama penanganan yang perlu dilakukan adalah resusitasi neonatal kurang lebih 30 detik yang meliputi pemberian kehangatan, pemberian posisi kepala untuk bernafas, pengeringan, dan perangsangan taktil.

Apabila dalam tahapan ini bayi terindikasi corona, langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan prosedur aerosol generated secara isolatif. Pada tahapan kedua prosedur yang perlu dilakukan adalah neonatal esensial, pemberian vitamin k1, antibiotik, dan vaksin hepatitis b. Apabila bayi terkena corona, neonatal esensial tetap dilakukan namun dengan melakukan isolasi selama 14 hari. Pada kategori ketiga perawatan yang perlu dilakukan adalah rooming in, pemeriksaan detak jantung, dan pemeriksaan hipotiroidisme.

Apabila bayi terkena covid-19 langkah yang perlu dilakukan adalah isolasi khusus berdasarkan protokol covid-19, dan boleh meninggalkan rumah sakit. Tahapan terakhir adalah berdasarkan minggu yaitu dimulainya pemberian asi secara terkontrol, monitor berat badan, dan monitor metabolisme bilirubin. Jika bayi pada tahapan ini terkena corona, prosedur yang dilakukan adalah identifikasi final berdasarkan protokol covid-19. Nah, itulah 4 poin penting dari idai mengenai prosedur melahirkan pada masa pandemi.


Baca Juga

0  Komentar