Baru 550 Ribu Guru Divaksinasi Covid dari Target 5,5 Juta

CNN Indonesia - Peristiwa   Kamis, 1 April 2021

img

Baru 550 ribu guru divaksinasi covid dari target 5,5 juta jakarta, cnn indonesia -- menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) nadiem makarim mengatakan baru sekitar 550 ribu guru dan tenaga kependidikan yang mendapat vaksinasi covid-19 hingga kemarin, rabu (31/3). Jumlah tersebut masih jauh dari target vaksinasi kepada para guru dan tenaga kependidikan yang mencapai 5,5 juta hingga juni 2021. "data vaksin kemarin, pasti sekarang sudah nambah lagi, tapi sekitar 550 ribu guru dan tenaga kependidikan sudah divaksin. Lumayan cepat," kata nadiem dalam acara yang disiarkan langsung di youtube fmb9id_ikp, kamis (1/4).

#div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } nadiem mengatakan pihaknya akan menggelar vaksinasi massal bagi guru dan tenaga kependidikan selesai sesuai target. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan kementerian kesehatan. "kemendikbud sedang bekerja sama dengan kemenkes untuk dukung dan buat acara vaksinasi massal guru. Jadi kita ikut turun dengan harapannya mencapai target yang kita akselerasi," ujarnya.

Mantan bos go-jek itu juga meminta pemerintah daerah memprioritaskan guru dan tenaga kependidikan dalam program vaksinasi covid-19. "harapannya pemerintah daerah disiplin untuk memprioritaskan guru dan tenaga kependidikan di semua vaksinasi pejabat publik," ujarnya. Dalam kesempatan yang sama, wakil ketua komisi x dpr dede yusuf mengatakan pihaknya mendapati masih banyak guru yang belum mendapat vaksinasi di kabupaten bogor, jawa barat. Dede menyebut pemerintah daerah memiliki peran penting memastikan vaksinasi guru dan tenaga kependidikan berjalan cepat.

"kalau pemda ingin dahulukan guru dan tenaga kependidikan, maka akan cepat. Tapi lihat, tadi saya tanya apakah semua guru di sini sudah divaksin? jawabannya belum. Artinya apa? butuh support," ujarnya. Politikus partai demokrat itu lantas menyoroti jumlah vaksinasi guru dan kependidikan yang baru mencapai 550 ribu.

Menurutnya, untuk mencapai target 5,5 juta guru, proses vaksinasi perlu dipercepat dan diakselerasi. Vaksinasi guru dan tenaga kependidikan sudah dimulai sejak 17 februari 2021 lalu di sma negeri 70 jakarta. Pemerintah kini harus melakukan vaksinasi kepada sekitar 4,95 juta guru dan tenaga kependidikan dalam waktu tiga bulan. Perhimpunan pendidikan dan guru melaporkan vaksinasi terhadap guru berjalan lambat di berbagai daerah.

Pada beberapa daerah seperti kabupaten ende, nusa tenggara timur dan kabupaten situbondo, jawa timur vaksinasi guru dan tenaga kependidikan dilaporkan belum berjalan. Keluhan serupa juga disuarakan wakil kepala smk negeri 4 berau, kalimantan timur, syainal. Ia mengatakan banyak guru dan tenaga kependidikan di daerahnya belum divaksinasi "di satu sisi kita dituntut buka [sekolah], tapi kita belum divaksin dan sebagainya. Ya itu jadi ketakutan juga," kata syainal, rabu (31/3).


Baca Juga

0  Komentar