Beda Vaksin Nusantara Vs Vaksin Merah Putih

CNN Indonesia - Teknologi Sains   Selasa, 4 Mei 2021

img

Beda vaksin nusantara vs vaksin merah putih 1. Beda vaksin nusantara vs vaksin merah putih 2. Diklaim kebal seumur hidup 3. Vaksin merah putih 4.

Vaksin merah putih eijkman baru disebar 2022 jakarta, cnn indonesia -- uji coba klinis ii vaksin nusantara, vaksin covid-19 berbasis sel dendritik yang diramaikan eks menteri kesehatan (menkes) terawan agus putranto di rspad gatot soebroto terus dilakukan meski tak mendapat izin badan pengawas obat dan makanan (bpom). Sejumlah tokoh hingga anggota dpr ramai-ramai menjadi relawan vaksin nusantara tersebut dan mengklaim tidak mengalami efek samping. Terkait riset anak bangsa, bpom menunjukkan dukungan penuh pada riset vaksin corona lainnya yakni vaksin merah putih. Bpom berharap paling cepat salah satu dari 6 kandidat vaksin merah putih yakni garapan universitas airlangga (unair) bisa mulai diproduksi pada oktober atau november 2021.

Lalu apa beda dua produk yang diklaim buatan anak negeri vaksin nusantara dan vaksin merah putih? cara kerja vaksin nusantara cara kerja vaksin nusantara dibangun dari sel dendritik autolog atau komponen dari sel darah putih yang dipaparkan dengan antigen dari protein s virus sars-cov-2. Menurut terawan, sel dendritik yang telah mengenal antigen akan diinjeksikan ke dalam tubuh kembali. Sel itu akan memicu sel imun lain untuk membentuk sistem pertahanan memori terhadap sars-cov-2. Di dalam darah manusia terdapat tiga macam sel, yakni sel darah merah, putih dan sel prekursor dendritik.

Menurut ahli biologi molekuler ahmad rusdan handoyo sel prekursor dendritik belum menjadi sel dendritik. Sel itu bisa tumbuh dengan diberikan secara khusus setelah prekursordendritik ditumbuhkan di cawan laboratorium. Masa inkubasi dari prekursordendritik ke seldendritik membutuhkan waktu beberapa hari. Pada saat itu ahli akan memberikan antigen ke sel dendritik.

Vaksin nusantara nantinya khusus dibuat untuk individual. Sebab dalam teknisnya setiap orang akan diambil sampel darah dan dipaparkan dengan kit vaksin yang sel dendritik. Hasilnya kemudian akan diinjeksikan ke dalam tubuh kembali. Di dalam tubuh, sel dendritik tersebut akan memicu sel-sel imun lain untuk membentuk sistem pertahanan memori terhadap virus corona.

Teknik yang sama untuk obati kanker metode sel dendritik merupakan metode yang kerap digunakan dalam pengobatan kanker. Tim uji klinis dibantu oleh salah satu peneliti dari aivita biomedical asal amerika serikat. Pengembangan vaksin ini dimulai dengan transfer teknologi mutakhir sel dendritik dari aivita biomedical inc yang bermarkas di amerika serikat kepada rama pharma. Diklaim kebal seumur hidup baca halaman berikutnya halaman : 1 2 3 4.


Baca Juga

0  Komentar