Begini Kisah Pasangan Pengantin dengan Uang...

Radar Selatan   Kamis, 15 April 2021

img

Begini kisah pasangan pengantin dengan uang... Pasangan pengantin, andi bau tenri dan radja muh. Hasbi yang viral karena uang panai bitcoin. Bulukumba, radar selatan — perempuan asal bulukumba, sulawesi selatan, andi bau tenri abeng (31) tiba-tiba viral setelah menikah dengan uang panai dua keping bitcoin.

Nilai bitcoin jika dikonversi ke rupiah bisa senilai rp1,6 miliar. Bagaimana kisahnya? di sulsel banyak pasangan yang menikah dengan mahar gila-gilaan. Tapi baru kali ini ada lelaki yang mempersunting kekasihnya dengan menggunakan bitcoin atau uang elektronik yang sedang tren di sejumlah negara. Adalah andi bau tenri abeng (31) perempuan yang berprofesi sebagai pengusaha asal kabupaten bulukumba.

Ia menerima pinangan pria bernama lengkap radja muh. Hasbi (47), warga kabupaten bengkalis. Uang panainya dua keping bitcoin senilai rp1,6 miliar. Meski tak berbentuk uang tunai, namun uang panai berupa dua keping bitcoin itu memilik nilai konversi rupiah yang sangat fantastis yakni rp800 juta untuk satu keping bitcoin.

Kepada radar selatan, andi bau tanri abeng mengatakan, bitcoin adalah mata uang digital yang memang saat ini mulai dipakai sebagian orang untuk melakukan transaksi pembelian khususnya melalui online. “iya betul dua keping bitcoin. Saat saya dilamar itu harganya masih rp800 juta satu koinnya, sekarang sudah tembus rp940 juta,” katanya. Manurut andi bau sapaan akrabnya, dipilihnya bitcoin sebagai uang panai karena ia bersama sang suami sama-sama penggiat bisnis uang elektronik atau crypto currency.

“sengaja pakai bitcoin karena kami sama-sama di bisnis ini. Apalagi memang bitcoin tiap detik harganya selalu naik,” tambahnya. Diakui juga hubungannya bersama sang suami awalnya hanya rekan bisnis. Selama lebih setahun keduanya aktif berkomunikasi.

Setelah mengalami kecocokan mereka memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. “alhamdulillah sudah nikah di makassar. Saya bersama suami juga sudah keliling ke keluarga di herlang dan masuk ke tanah toa. Untuk bulan madu kami memilih ke jogjakarta,” tukasnya.

Menurut bau, soal bitcoin, suaminya lebih dulu menjadi penggiat yakni sejak 2009 silam. Bau pun mengaku dua bitcoin yang diberikan sang suami akan ia simpan sebagai kenangan. “yah akan disimpan dulu, dengar isu katanya nilai konversinya akan menembus rp4 miliar,” ucapnya. Dia mengatakan, selain sang suami, andi bau tenri selama ini kerap berinvestasi lewat bitcoin dan berbagai jenis koin lainnya.

Oleh sebab itu, kata tenri, uang panai 2 keping bitcoin dari suaminya itu langsung dikirim ke akun miliknya atau tidak dicairkan ke dalam bentuk uang tunai. “dan saya memang minta tidak dicairkan, dikirim saja langsung ke akun saya,” katanya. Keputusan itu, kata tenri, karena nilai bitcoin belakangan ini terus naik dan dia ingin terus menyimpannya dengan alasan investasi. Sebagai contoh, nilai bitcoin saat proses lamaran tenri masih sebesar rp800 jutaan per keping.

“kalau aset digital kan setiap detik naik. Kayak kemarin waktu lamaran, itu masih di harga rp800 juta satu koin, hari ini saya cek sudah rp900 juta an lebih satu koin,” katanya. Terkait viralnya lamaran dirinya, andi bau tenri mengaku tak menyangka. Dia juga mengaku tidak pernah menyebarkan informasi terkait lamaran dirinya.

“saya itu di-wa (whatsapp) sama teman sma ku, ‘kau nikah pale’, ini kau viral di medsos, di situ saya kaget juga, saya tidak tahu itu,” kata dia. Lantas, apa itu bitcoin? melansir bbc, bitcoin, sering kali digambarkan sebagai cryptocurrency, mata uang virtual atau mata uang digital, dan merupakan jenis uang yang sepenuhnya virtual. Secara sederhana, bitcoin bisa dibayangkan seperti versi digital dari uang tunai. Pemilik bitcoin dapat menggunakan mata uang digital itu sebagai alat pembayaran untuk membeli produk atau membayar jasa.

Penemu bitcoin adalah satoshi nakamoto, yang diketahui meluncurkan mata uang digital tersebut pertama kali ke internet pada 2009.akan tetapi, identitas asli nakamoto masih belum dapat dipastikan karena nama tersebut ternyata merupakan nama alias. Ada beberapa orang yang mengklaim sebagai pemilik nama samaran itu. Sejauh ini, sudah ada beberapa layanan yang menerima bitcoin sebagai alat pembayaran, salah satunya paypal. Bitcoin bahkan juga bisa digunakan untuk membeli mobil buatan tesla inc.

Bitcoin menjadi berharga karena orang-orang bersedia menukarnya dengan barang atau jasa nyata, dan bahkan rela menukarnya dengan uang tunai. Setiap ‘keping’ bitcoin pada dasarnya adalah file komputer yang disimpan dalam aplikasi ‘dompet digital’ di smartphone atau komputer. Para pemilik bitcoin bertransaksi dengan cara mengirimkan (satu atau sebagian) uang digital tersebut melalui dompet digital. Lalu, setiap transaksi bitcoin dicatat dalam daftar publik yang disebut blockchain.


Baca Juga

0  Komentar