BNPB Klaim Belum Ada Kasus Corona di Pengungsian Bencana NTT

CNN Indonesia - Peristiwa   Rabu, 7 April 2021

img

Bnpb klaim belum ada kasus corona di pengungsian bencana ntt jakarta, cnn indonesia -- badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) belum menerima laporan terkait kasus covid-19 di lokasi pengungsian bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota di nusa tenggara timur (ntt). "ini sampai saat ini belum ada info [soal kasus corona], tapi yang jelas diupayakan sebisa mungkin [agar tidak ada penyebaran]," kata kepala pusat data, informasi dan komunikasi kebencanaan bnpb raditya jati, dalam konferensi pers daring, rabu (7/4). Diakuinya, tantangan terbesar penanganan warga di lokasi bencana memang ada pada penerapan protokol kesehatan. #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } namun, untuk kasus di ntt ini pihak-pihak terkait yang terlibat langsung dalam penanganan di lokasi berupaya agar protokol kesehatan terus diterapkan, begitu pun imbauan kepada warga terdampak.

Jika memang ada kasus penularan di lokasi, lanjutnya, pihak bnpb akan langsung melaporkan hal tersebut ke publik. "tantangan memang kita harus tetap jaga prokes. Tapi sampai saat ini belum ada laporan kasus di lokasi pengungsian, [kalau ada] nanti akan dilaporkan segera," kata dia. Dalam kesempatan itu, raditya juga mengungkap berbagai kendala memang masih harus dihadapi oleh tim evakuasi saat akan mendatangi langsung wilayah-wilayah terdampak bencana.

Kendala itu salah satunya selain cuaca yang juga belum terlalu tenang, lokasi terdampak yang ada di ntt juga berada di pulau-pulau yang harus diakses dengan kapal. Untuk saat ini daerah yang memang masih terisolasi dan belum bisa dijangkau melalui darat atau laut, akan dipantau menggunakan helikopter melalui udara. 20 ribu alat rapid antigen bnpb juga mengirim hingga 20 ribu alat rapid test antigen bersama sejumlah bantuan lain kepada warga korban bencana banjir dampak siklon seroja di ntt. "akan diberangkatkan juga bantuan dengan menggunakan pesawat kargo myindo menuju kupang, ntt," ujar raditya.

Ia menyebut sejumlah bantuan itu dikirim dari bandara internasional soekarno hatta, tangerang dan diperkirakan sampai di kupang di hari yang sama sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Selain 20 ribu alat rapid test antigen, bantuan lain berupa 295 buah kasur lipat, 5.000 lembar selimut, 5.040 pembalut wanita, 260 paket perlengkapan bayi, 12 set tenda pengungsi, 642 paket lauk pauk, 408 paket makanan siap saji, 408 paket makanan tambah gizi, 50.000 helai masker kain, 100.000 helai masker medis, dan 50.000 helai kain anak. Di hari yang sama, kata jati, bantuan juga diberangkatkan dari bandara halim perdanakusuma, jakarta timur. Bantuan tersebut diperkirakan telah sampai di ntt sejak pukul 8.00 waktu setempat.

Bantuan tersebut berupa, 100 ribu helai apd, 100 ribu helai masker bedah, 100 helai masker anak, 5.000 helai masker n95, dan 100.000 lembar masker kain. Ada pula bantuan dari bnpb berupa, 360 paket lauk pauk, 360 paket makanan siap saji, 360 paket makaan tambah gizi, dan 10 ribu alat rapid antigen. Sementara itu, dari surabaya, bantuan dikirim dengan pesawat kargo berupa enam set tenda keluarga, serta bantuan lain dari kementerian sosial. Pesawat yang membawa bantuan tersebut diperkirakan telah tiba pada pukul 08.00 waktu kupang.


Baca Juga

0  Komentar