[Cek Fakta] Ali Mochtar Ngabalin Resmi Dicopot? Ini Faktanya

Medcom   Minggu, 23 Mei 2021

img

[cek fakta] ali mochtar ngabalin resmi dicopot? ini faktanya beredar sebuah vide dengan narasi bahwa ngabalin resmi dicopot. Video ini beredar di media sosial. Adalah akun facebook sukma dewi susanty yang turut mengunggah video tersebut, 21 mei 2021. Berikut narasi selengkapnya: "berita terkini _ ngabalin resmi di copot _ viral hari ini." unggahan ini ramai direspons sejumlah warganet.

Terdiri dari 6.800 emotikon, 1.400 komentar dan 501 kali dibagikan. Penelusuran: dari penelusuran kami, klaim bahwa video itu memuat penjelasan bahwa ali mochtar ngabalin dicopot, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu. kami mengecek video berdurasi 10 menit 31 detik itu. Pada video itu sama sekali tidak disebutkan fakta dan data pendukung bahwa benar ali mochtar ngabalin telah dicopot dari jabatannya.

Seperti diketahui, ali merupakan seorang tenaga ahli utama kantor staf presiden (ksp). Video itu dimuat akun facebook tersebut pada 21 mei 2021. Sementara pada sabtu 22 mei 2021, ngabalin masih muncul di publik dengan jabatan tenaga ahli utama ksp. Di antaranya seperti diunggah detik.com pada sabtu 22 mei 2021.

Kesimpulan: klaim bahwa video itu memuat penjelasan bahwa ali mochtar ngabalin dicopot, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu. Informasi ini masuk kategori hoaks jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita.


Baca Juga

0  Komentar