Celah Cuan Super Air Jet di Masa Sulit Industri Penerbangan

CNN Indonesia - Bisnis   Selasa, 4 Mei 2021

img

Celah cuan super air jet di masa sulit industri penerbangan analisis 1. Celah cuan super air jet di masa sulit industri penerbangan 2. Antisipasi pascapandemi jakarta, cnn indonesia -- pandemi virus corona atau covid-19 sangat memukul sektor transportasi. Namun, belum lama ini publik justru dikejutnya dengan rencana peluncuran maskapai baru yang akan mengudara di langit indonesia, super jet air.

Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (psbb) hingga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (ppkm) tak memungkinkan masyarakat berpelesiran dengan mudah seperti sebelum pandemi. Hal ini membuat pertumbuhan sektor ini terkontraksi hingga 15,04 persen pada 2020. Kondisi keuangan para perusahaan transportasi pun 'berdarah-darah', termasuk maskapai. #div-gpt-ad-1589441958861-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } pt garuda indonesia (persero) tbk, misalnya, rugi bersih us$1,07 miliar atau setara rp16,03 triliun pada kuartal iii 2020.

Sementara pt airasia indonesia tbk rugi rp1,7 triliun pada periode yang sama. Kondisi ini wajarnya membuat pengusaha pikir-pikir untuk menjajal peluang usaha di sektor penerbangan. Namun, hal itu tak menyurutkan minat super air jet untuk menjadi pemain baru. Menurut catatan kementerian perhubungan, maskapai ini milik pt kabin kita top.

Saat ini, super jet air sudah punya dewan direksi yang dipimpin oleh ari azhari sebagai direktur utama. "sedang proses untuk air operation certificate atau izin untuk komersial," kata juru bicara kementerian perhubungan adita irawati kepada cnnindonesia.com, senin (3/5). Namun seperti apa rincian usaha yang akan dijalankan belum jelas. Misalnya, kapan akan terbang dan rute penerbangan.

Semua masih diproses, termasuk status laik terbang. Ari azhari hanya memastikan maskapai yang akan dipimpinnya nanti bermain di kelas harga rendah alias low cost carrier (lcc). Perusahaan terbentuk dengan modal asli dari dalam negeri. "super air jet didirikan atas dasar optimisme bahwa peluang pasar khususnya penerbangan dalam negeri masih ada dan terbuka luas, ada permintaan yang sangat kuat dari masyarakat untuk perjalanan udara saat ini, terutama para milenial," ujar ari.

Saat beroperasi nanti, maskapai digadang-gadang bakal menggunakan pesawat airbus 320-200 dengan kapasitas 180 penumpang. Awalnya, rute yang disasar merupakan domestik, tapi jika berkembang akan merambah rute internasional. Sementara segmen pasar yang dibidik adalah para milenial yang tengah hobi pelesiran. Pengamat penerbangan alvin lie sempat kaget mendengar kabar ini.

Sebab, menurut catatannya, sudah lebih dari 10 tahun, indonesia tidak punya pemain baru di industri penerbangan. "lcc baru super jet air ini luar biasa. Praktis tidak ada pemain baru dan baru kali ini hadir airlines (baru) di indonesia, di tengah pandemi," ungkap alvin. Di satu sisi, alvin mengakui bahwa industri penerbangan tengah terpuruk akibat pandemi, sehingga seharusnya tidak ada pemain baru yang mau menjajal sektor ini.

Tapi, di sisi lainnya, ia mengaku senang bila industri ini mendapat pemain baru karena jumlahnya hanya dalam hitungan jari. Bahkan, cenderung berguguran dari waktu ke waktu. Alvin pun coba mencermati maksud dari kehadiran super jet air. "saya melihat super jet air ini menunjukkan kejelian pengusaha untuk membeli pesawat, mengadakan pesawat, dengan harga yang sangat murah karena sekarang selama pandemi.

Banyak airlines yang kembalikan pesawatnya, tidak mampu melanjutkan kontrak dan bayar sewa," katanya. Bukan cuma maskapai yang merana, leasing atau perusahaan pembiayaannya pun begitu. Mereka kesulitan mencari maskapai yang mau menyewa atau membeli pesawat dengan harga yang atraktif. Lalu bagaimana dengan kesiapan maskapai? masalah perizinan, alvin menyerahkannya kepada otoritas.


Baca Juga

0  Komentar