Cynthiara Alona Mendekam di Tahanan Polda Metro, Hotelnya Disegel, Satu Muncikari Diidentifikasi

Tribunnews   Rabu, 24 Maret 2021

img

Cynthiara alona mendekam di tahanan polda metro, hotelnya disegel, satu muncikari diidentifikasi tribunnews.com, jakarta - tidak hanya berhenti pada penetapan tersangka dan penahanan pada artis cynthiara alona. Kini hotel alona yang juga milik cynthiara alona itu resmi disegel oleh pemkot tangerang. Perkembangan teranyar, satu muncikari yang dicari-cari polda metro jaya di kasus prostitusi online ini berhasi diidentifikasi. Hotel alona akhirnya disegel wali kota tangerang arief r wismansyah resmi menutup operasional hotel alona milik artis cynthiara alona.

Hotel yang berlokasi di kelurahan kreo, kecamatan larangan, kota tangerang, ini disegel karena terbukti jadi sarang prostitusi online. "hari ini satpol pp akan segel hotelnya karena menyalahi aturan," ucap arief pada senin (22/3/2021). "keputusan ini juga merupakan hasil koordinasi dengan pihak kepolisian," arief menegaskan. Hotel alona diduga sudah berganti nama.

Hotel milik artis cynthiara alona yang diduga dijadikan sarang prostitusi di kecamatan larangan, kota tangerang, jumat (19/3/2021). (tribunjakarta.com/ega alfreda) arief menambahkan, pemkot tangerang tidak akan segan memberikan tindakan tegas kepada pengelola hotel yang sengaja terlibat atau menyediakan layanan prostitusi. "bisa dicabut izinnya atau ditutup operasionalnya. Apalagi kalau terbukti menyediakan layanan prostitusi," imbuh arief.

Ia mengimbau kepada seluruh pengelola hotel serta penginapan di kota tangerang untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dalam memberikan layanan. "sop bagi tamu di setiap hotel dan penginapan sudah jelas harusnya," ucap dia. Sebelumnya, pemkot tangerang melalui pelayanan terpadu satu pintu (ptsp) sudah memeriksa dokumen izin hotel alona. Demikian disampaikan kabag humas pemerintah kota tangerang, buceu gartina saat dihubungi pada minggu (21/3/2021).

"apakah memang hotel atau bukan, kan bisa saja misal dikhawatirkan peruntukannya beda yang kita khawatirkan," ujar buceu. Ia memastikan jika ada pelanggaran izin operasi, pemkot tangerang akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Apakah akan dijatuhi sanksi atau dicabut izin operasinya. "penutupan di lapangan, bisa dilaksanakan oleh satpol pp." "apabila ada hasil hukum yang memang sudah ditetapkan oleh pihak kepolisian," terang buceu.

Izin dari pusat usut punya usut, hotel milik artis cynthiara alona itu diketahui berizin hanya untuk kontrakan. Hal itu terlihat dari izin mendirikan bangunan (imb). Wali kota tangerang arief menyebutkan bahwa izin bangunan tersebut dipergunakan sebagai hotel dikeluarkan oleh pemerintah pusat sejak 2018. "izin (membangun) hotelnya dikeluarkan sama pusat," kata arief tempo hari.

"ini kalau dilihat dari 2018 izinnya, dari pemerintah pusat." "bukan dari dpmptsp (dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu) kita," ujar dia. Pihak kecamatan larangan dan dpmptsp kota tangerang, menyebutkan bahwa hotel cynthiara memiliki izin usaha. "izinnya ada dari kementerian (pariwisata) melalui oss (online single submission)," kata camat larangan muhammad marwan, jumat (19/3/2021). Marwan menyebutkan, ia tak mengetahui alasan didirikannya hotel tersebut yang berlokasi di tengah permukiman warga.

Menurut dia, kecamatan larangan bukanlah instansi yang mengeluarkan perizinan usaha hotel tersebut. "tanyanya ke oss yang mengeluarkan izin, jangan ke saya. Saya enggak tahu," ujar marwan. Menurut marwan, alasan hotel itu bisa didirikan di tengah permukiman warga karena perizinan melalui oss dapat dikeluarkan tanpa perlu persetujuan pihak ketua rukun tetangga (rt) atau rukun warga (rw) setempat.

"kan sekarang sistemnya enggak melalui manual kalau perizinan. Bahkan, maaf, rt/rw, lurah, camat, bisa terlewati, kenapa, karena sistemnya hari ini sistem online, kan," ujar dia. Marwan menyatakan, perizinan hotel milik cynthiara yang dikeluarkan oss tercatat tahun 2018. Secara terpisah, kepala dpmptsp kota tangerang, dedi suhedi, juga membenarkan bahwa hotel tersebut memiliki izin usaha.

"mereka sudah berizin," kata dedi melalui sambungan telepon, jumat. Dedi menyatakan, pihaknya tidak bisa langsung mencabut perizinan hotel tersebut walau ada dugaan hotel tersebut jadi tempat praktik prostitusi. Alasannya, praktik prositusi tergolong pelanggaran asusila dan itu bukan ranah dpmptsp. "penegakkannya termasuk perda nomor 8, itu satpol pp tentunya yang berwenang," papar dedi.

Meski demikian, dedi berujar bahwa pihaknya hendak meninjau kembali perizinan hotel itu. Satu muncikari kasus prostitusi online di hotel milik cynthiara alona diidentifikasi satu muncikari lagi diidentifikasi polda metro jaya terkait kasus prostitusi online dan eksploitasi anak di hotel alona milik cynthiara alona. "hari ini, sudah diidentifikasi satu lagi muncikari, dan sedang kami lakukan pengejaran," kata kabid humas polda metro jaya kombes yusri yunus, di mapolda metro jaya, kebayoran baru, jakarta selatan, senin (22/3/2021). "makanya kita tunggu saja karena penyidik masih lakukan pengejaran kepada satu tersangka lagi yang merupakan muncikari daripada korban," ujarnya lagi.

Bintang film dan model cynthiara alona ditangkap polda metro jaya terkait kasus dugaan prostitusi online. Cynthiara alona dihadirkan saat polisi menggelar jumpa pers 'pengungkapan kasus eksploitasi anak'. (warta kota/arie puji waluyo) seperti diketahui dalam kasus prostitusi online dan eksploitasi anak yang menyeret artis cynthiara alona ini ada 15 korban anak dibawah umur dijadikan pekerja seks komersial (psk) hotel tersebut. Polda metro jaya telah menetapkan tiga tersangka dalam kasus prostitusi online dan eksploitasi anak di hotel alona di kreo, kota tangerang.

Ketiganya yakni ba selaku muncikari, artis cynthiara alona pemilik hotel dan aa pengelola hotel. Yusri yunus mengatakan, para tersangka bekerja sama dalam menjalankan aksi prostitusi di hotel alona. "para tersangka, termasuk pemilik yakni publik figur ca (cynthiara alona-red), mengetahui langsung praktik prostitusi online yang mereka lakukan." "jadi ada keterlibatan semuanya atau kerjasama dalam kasus ini" kata yusri di mapolda metro jaya, jumat (19/3/2021). Menurut yusri, motif artis cynthiara alona menjadikan hotelnya tempat praktik prostitusi, karena selama pandemi virus corona atau covid-19 tingkat hunian hotel bintang duanya sepi.

"motifnya, karena covid-19 hunian hotel sepi, sementara biaya operasional hotel dan gaji karyawan harus diberikan." "karenanya mereka melakukan itu atau perbuatan cabul di dalam hotelnya, agar hunian hotelnya kembali ada dan ada pemasukan, sehingga biaya operasional hotel tertutupi," ucap yusri. Berdasarkan pengakuan tersangka, kata yusri, praktik prostitusi di hotel bintang dua itu, baru berjalan 3 bulan terakhir. "tapi ini masih kami dalam kebenarannya, karena tidak menutup kemungkinan sudah beroperasi lebih lama," katanya. Bintang film dan model cynthiara alona ditangkap polda metro jaya terkait kasus dugaan prostitusi online.

Cynthiara alona dihadirkan saat polisi menggelar jumpa pers 'pengungkapan kasus eksploitasi anak'. (warta kota/arie puji waluyo) yusri mengatakan, dari pengakuan artis cynthiara alona, hotel yang memiliki 30 kamar dan merupakan bintang dua itu, dulunya kos-kosan. "namun dijadikan hotel karena dianggap lebih menguntungkan," katanya. Yusri memastikan bahwa cynthiara alona mengetahui secara langsung hotel miliknya itu dijadikan tempat atau lokasi prostitusi online.

"anak-anak ini direkrut dengan cara dipacari atau ada juga yang ditawari pekerjaan. Ternyata mereka diminta melayani hidung belang di hotel itu," kata yusri. Menurutnya anak-anak ini ditawarkan ke hidung belang melalui aplikasi michat. "tarifnya antara rp 400,000 sampai rp 1 juta," kata yusri.

Uang itu nanti dibagi-bagi mulai dari muncikari, joki, pengeloka hotel dan si anak yang melayani hidung belang. "untuk ke 15 anak korban, saat ini berada dalam pendampingan p2tp2a atau pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak, kementerian ppa," kata yusri. Sedangkan terhadap ketiga katanya dilakukan penahanan dan akan dijerat pasal berlapis. Uu nomor 23/2002 tentang perlindungan anak, pasal 296 kuhp tentang membantu mengadakan perbuatan cabul serta pasal 506 tentang prostitusi.

"dengan ancaman hukuman hingga 10 tahun penjara," kata yusri yunus. Sering kejatuhan kondom hotel milik artis cynthiara alona jadi tempat bisnis prostitusi, warga menjulukinya sarang limbah kondom. Polda metro jaya membongkar kasus prostitusi yang melibatkan artis cynthiara alona. Cynthiara alona kini sudah berstatus tersangka usai diamankan pada selasa (17/3/2021) malam.

Dia memang bukan sebagai wanita penhibur atau muncikari. Polisi menetapkannya sebagai tersangka karena diduga cynthiara alona memfasilitasi kegiatan prostitusi yang mayoritas melibatkan anak di bawah umur itu. Karena berada di tengah pemukiman warga, berbagai cerita tidak mengenakan pun sering terjadi di sana. Ketua rt 04/01 kelurahan kreo, kecamatan larangan, kota tangerang, sentanu menceritakan, banyak anak-anak yang sedang bermain di sekitar kejatuhan alat kontrasepsi alias kondom bekas.

"kadang-kadang anak kecil main juga engga sadar ada yang melempar kondom dari atas hotel dan mengenai kepala," ujar sentanu saat ditelepon, jumat (19/3/2021). Menurutnya, hal itu sangat mengganggu warga lantaran mengenai anak kecil yang belum cukup umur. "kalau bisa dibilang itu tidak sopan dan tidak etis. Apa lagi masih ada anak-anak di lingkungan sekitar," sambung sentanu.

Ternyata, pemandangan kondom bekas sudah tidak asing lagi di dekat hotel tersebut. Bahkan, menurut sentanu, saking seringnya warga melihat kondom bekas, warga sekitar mengkategorikan sebagai limbah kondom. "dari dulu sudah ada (limbah kondom), cuma sekarang setelah ditingkatkan menjadi hotel, itu menjadi bukan wc umum, tapi berserakan dimana-mana (kondomnya)," ungkap sentanu. Sentanu mengatakan, saat penggerebakan ada belasan wanita yang terjaring polda metro jaya pada selasa (16/3/2021).

"iya memang ternyata ada penggerebekan asusila, dan itu setelah penangkapan jam 1 dini hari dibawa ke polda metro jaya. Ya kira-kira ada 17-an orang (wanita)," ujar sentanu. Menurutnya, praktik prostitusi tersebut dilakukan melalui aplikasi michat yang memang sudah terkenal menjadi media sosial esek-esek di indonesia. Namun, sentanu tidak tahu persis sudah berapa lama artis cynthiara alona menjadikan hotel miliknya menjadi sarang bisnis lendir.

"jadi kan zaman sekarang itu kan ada aplikasi yang namanya michat, jadi di aplikasi itu mereka jualan online," terang sentanu. Ia mengaku kalau warga sering resah dengan praktik prostitusi tersebut. Tak sedikit, kata sentanu, warga yang mengadu kepadanya lantaran banyak wanita berpakaian seksi sering kali membawa pria ke dalam hotel tersebut. "warga resah dengan keberadaan hotel yang dijadikan tempat prostitusi itu mas," ujar sentanu.


Baca Juga

0  Komentar