Filipina Negara Kedua di ASEAN dengan 1 Juta Kasus Corona

CNN Indonesia - Asean   Selasa, 27 April 2021

img

Filipina negara kedua di asean dengan 1 juta kasus corona jakarta, cnn indonesia -- filipina menjadi negara kedua di asia tenggara yang mencatat 1 juta kasus virus corona (covid-19). Menurut data pemerintah filipina, dalam 24 jam terakhir dilaporkan ada hampir 9.000 kasus infeksi baru. Sehingga total kasus covid-19 di negara pimpinan presiden rodrigo duterte mencapai 1.006.428 orang, dengan 16.853 orang meninggal. Jumlah itu membuat filipina menjadi negara tertinggi kedua di asia tenggara, setelah indonesia, yang mencatatkan 1 juta kasus infeksi corona.

Namun, tes yang dilakukan dilaporkan masih terbatas, artinya jumlah kasus sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi. #div-gpt-ad-1577361751308-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } filipina disebut mengerahkan kembali petugas kesehatan dari daerah transmisi rendah ke ibu kota untuk membantu rumah sakit yang kewalahan. Ketua palang merah filipina, richard gordon, mengatakan saat ini mereka sangat membutuhkan sukarelawan medis. Akhir maret lalu, manila dan empat provinsi sekitarnya menerapkan penguncian wilayah (lockdown).

Langkah itu nampaknya berhasil mengurangi lonjakan kasus. Berdasarkan data yang dirilis oleh kelompok penelitian independen, octa, menunjukkan kasus infeksi baru di manila, yang merupakan episentrum corona di filipina, turun 20 persen menjadi rata-rata 3.841 per hari pada pekan lalu. Tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit yang dialokasikan untuk pasien covid-19 juga berkurang setelah kapasitas ditingkatkan dan fasilitas isolasi untuk kasus ringan diperluas. Wakil menteri kesehatan filipina, rosario vergeire, menentang usulan untuk melonggarkan pembatasan saat ini dengan alasan infeksi berpotensi meningkat.

"sebagai badan kesehatan, kami di doh (departemen kesehatan) melihat pentingnya melanjutkan pembatasan semacam ini, sehingga ada ruang bernapas dan ruang untuk dekongestan sistem perawatan kesehatan kami. Ini adalah perhatian utama kami," kata vergeire menjelang rapat satuan tugas pemerintah filipina. Di bawah aturan pembatasan saat ini, pemerintah melarang makan di di restoran atau rumah makan, membatasi perjalanan yang tidak penting, membatasi kapasitas transportasi umum dan menutup sejumlah tempat usaha seperti pusat kebugaran dan salon kecantikan. Pemerintah filipina mewajibkan penduduk mengenakan masker.


Baca Juga

0  Komentar