Gara-gara Kesalahan Sistem, SMS Gempa Berpotensi Tsunami Ini Bikin Heboh

Penyalainews - Nasional   Kamis, 27 Mei 2021

img

Gara-gara kesalahan sistem, sms gempa berpotensi tsunami ini bikin heboh penyalainews - short message service (sms) berisikan peringatan gempa berkekuatan magnitudo 8,5 dengan potensi tsunami di provinsi jawa timur, ntb, bali, ntt, hingga jawa tengah menghebohkan publik. Sms itu datang dari badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (bmkg) sehingga membuatnya trending di media sosial. “peringatan dini tsunami di jatim ntb bali ntt jateng gempa mag:8.5 04-jun-21 10:14:45wib lok:10.50ls 114.80bt kdlmn:10km::bmkg,” tulis pesan yang dikirim oleh kominfobmkg, mengutip okezone , kamis (27/5). Namun, kepala bidang mitigasi gempa bumi dan tsunami bmkg, daryonno menegaskan bahwa saat ini dalam kondisi aman.

“pusat gempa nasional/inatews bmkg jakarta saat ini dalam kondisi aman. Masalah ini sedang kita investigasi,” katanya melalui akun twitter-nya daryono lantas mengimbau masyarakat tetap tenang. Pasalnya, menurut hasil monitoring bmkg, saat ini tidak sedang terjadi gempa 8,5 di indonesia dan memastikan masalah ini tengah dalam investigasi. “masyarakat diimbau tetap tenang, karena saat ini hasil monitoring bmkg tidak sedang terjadi gempa m8,5 di wilayah indonesia.secara ofisial bmkg tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami.

Permasalahan sedang diinvestigasi,” tutur daryono. Bmkg lantas melakukan konfirmasi bahwa sms peringatan gempa tersebut merupakan kesalahan dari sistem. “mohon maaf terjadi kesalahan system pengiriman test--peringatan dini tsunami di jatim,ntb,bali,ntt,jateng,...::bmkg,” tulis kominfobmkg, mengkonfirmasi lewat pesan singkatnya. .


Baca Juga

0  Komentar