Keseleo Lidah Jokowi Sebut Provinsi Padang

CNN Indonesia - Peristiwa   Kamis, 20 Mei 2021

img

Keseleo lidah jokowi sebut provinsi padang jakarta, cnn indonesia -- presiden joko widodo salah menyebut kota padang, sumatra barat sebagai sebuah provinsi. Kekeliruan itu ia lakukan saat peninjauan jalan tol trans sumatera untuk ruas pekanbaru-padang, seksi pekanbaru-bangkinang, kota pekanbaru, rabu (19/5). Dalam pidatonya, jokowi membahas soal konektivitas antardaerah. Ia berharap konektivitas akan meningkatkan mobilitas orang dan barang.

Dengan begitu, daya saing indonesia semakin tinggi. Jokowi pun menyebut jalan tol yang baru akan menghubungkan dua provinsi. Dia bilang tol itu menghubungkan provinsi riau dan provinsi padang. #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } "baik di provinsi riau dan di provinsi padang, nantinya akan memiliki daya saing yang baik terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain," ucap jokowi dalam video berjudul 'live: peninjauan jalan tol trans sumatera, ruas pekanbaru-padang, kota pekanbaru, 19 mei 2021' yang disiarkan kanal youtube sekretariat presiden, rabu (19/5).

Padahal, padang adalah sebuah kota, bukan provinsi. Padang merupakan ibu kota provinsi sumatra barat. Pidato jokowi itu pun sontak viral di media sosial. Netizen ramai-ramai mengkritik jokowi karena salah menyebut kota padang sebagai provinsi.

Sebagian warganet mengaitkan pidato jokowi dengan tes wawasan kebangsaan (twk) komisi pemberantasan korupsi (kpk). Menurut netizen, jokowi perlu ikut tes tersebut. Istana pun meluruskan selip lidah jokowi. Kepala sekretariat presiden heru budi hartono menjelaskan jokowi bermaksud menyebut provinsi sumatra barat, bukan provinsi padang.

"itu saat meninjau tol tadi. (jokowi mengatakan) bahwa tol tersebut dari pekanbaru akan terus menuju kota padang, provinsi sumatra barat. Maksudnya itu," kata heru kepada cnnindonesia.com. (dhf/psp) [gambas:video cnn].


Baca Juga

0  Komentar