Kluster Covid-19 Lebaran Mulai Bermunculan di Jakarta - Metro - koran.tempo.co

Headtopics   Senin, 24 Mei 2021

img

Kluster covid-19 lebaran mulai bermunculan di jakarta - metro - koran.tempo.co sebanyak 80 orang dalam satu rt di cilangkap, jakarta timur, tertular dari silaturahmi lebaran. Dinas kesehatan dki menemukan 352 spesimen yang diduga varian mutasi corona asal india. Korantempodigital korantempo sebanyak 80 orang dalam satu rt di cilangkap, jakarta timur, tertular dari silaturahmi lebaran. Dinas kesehatan dki menemukan 352 spesimen yang diduga varian mutasi corona asal india.

“tiga orang dibawa ke wisma atlet kemayoran, satu menjalani isolasi mandiri di gor jakarta pusat, dan satu isolasi mandiri di rumah,” ujar kepala kepolisian sektor johar baru sekaligus pejabat satuan tugas covid-19, komisaris edison, kemarin.menurut dia, petugas covid-19 didampingi polisi terus mendatangi pemudik yang baru tiba dari kampung halaman. Begitu mendapati pemudik yang tak memiliki hasil tes covid-19, petugas langsung meminta mereka mengikuti tes cepat. Hingga kemarin, petugas memeriksa 241 warga johar baru yang nekat mudik pada lebaran lalu. “yang hasilnya negatif atau non-reaktif pun harus isolasi mandiri hingga beberapa hari ke depan,” kata edison.

Kepolisian juga sempat memaparkan kemunculan kluster lebaran di rukun tetangga 06, rukun warga 03, ciracas, jakarta timur. Kasus berawal dari satu orang yang kemudian menularkan virus corona kepada dua anggota keluarganya. Dari ketiganya, virus menyebar hingga menulari lebih dari sepuluh warga di kawasan tersebut. W251bgwsijiwmjetmdutmjqgmdk6mje6ntuixqpemudik menjalani tes usap antigen saat tiba di terminal kedatangan upt pulo gebang, jakarta, 22 mei 2021.

Tempo/hilman fathurrahman wmasih di jakarta timur, satu kluster besar muncul di rt 03 rw 03 kelurahan cilangkap, cipayung. Camat fajar eko satriyo menyebutkan 80 warga di sana terbukti positif covid-19 lewat pemeriksaan swab pcr. Ujung-ujungnya, permukiman tersebut dikenai pembatasan sosial berskala besar (psbb) mikro atau micro-lockdown. “berawal dari silaturahmi saat lebaran kemarin,” kata dia.

Headtopics.com kluster cipayung ini terdeteksi saat tenaga kesehatan menelusuri kontak erat 14 warga yang memiliki hasil tes swab antigen reaktif, pada pekan lalu. Penelusuran dilakukan dengan menggelar tes swab pcr terhadap 686 dari 691 warga rt 03 rw 03 cilangkap. Petugas telah mengirim 22 pasien positif untuk menjalani isolasi mandiri di rumah sakit darurat wisma atlet kemayoran dan 17 pasien menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan. Sisanya, 41 pasien diberi izin menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Kluster ini bukan berasal dari pemudik. Menurut fajar, sekitar 600 warga cipayung memang tercatat menerobos larangan mudik lebaran. Akan tetapi semua telah diperiksa dan tak ada yang terdeteksi covid-19. “kami juga minta surat bebas covid-19 sebelum mereka pulang,” ujar dia.

Dari pemeriksaan di terminal dan pelabuhan, sejumlah pemudik juga didapati positif. Dinas perhubungan dki menemukan 108 orang dari 12.279 orang memiliki hasil tes genose atau swab antigen reaktif saat diperiksa di terminal pulo gebang, terminal kalideres, dan pelabuhan kaliadem. Kepala dinas perhubungan syafrin liputo menyatakan, meski larangan mudik telah berakhir, petugas tetap berjaga di sejumlah titik masuk ibu kota tersebut. Selain terminal dan stasiun, petugas dinas perhubungan bersama polisi dan tni masih bersiaga di pos penyekatan di perbatasan jabodetabek.

Headtopics.com juru bicara kepolisian daerah metro jaya, komisaris besar yusri yunus, mengatakan tim gabungan itu berfokus mencegah pemudik langsung masuk ibu kota tanpa pemeriksaan covid-19, terutama saat puncak arus balik yang diperkirakan terjadi dinihari tadi.selama periode penyekatan dan larangan mudik, kepolisian menggelar tes covid-19 terhadap 58.601 orang yang melintasi 14 titik perbatasan jabodetabek. Hasilnya, sebanyak 380 pemudik ditemukan reaktif dan berujung pada hasil tes pcr positif. Menurut yusri, sebanyak 191 orang diminta melakukan isolasi mandiri, sedangkan 65 pemudik menjalani isolasi di rsd wisma atlet, dan 124 lainnya dirawat di rumah sakit rujukan. Apa pun hasil tes covid-19-nya, setiap pemudik wajib menjalani isolasi mandiri di rumah--yang ditempeli stiker penanda warga mudik.

Stiker tersebut memampangkan larangan bagi pemudik untuk berinteraksi dengan warga sekitar. Mereka juga harus melaporkan kedatangannya kepada pengurus rt, rw, atau kelurahan begitu sampai di rumah. “tes swab antigen dulu di kampung sebelum kembali ke jakarta. Jangan sampai terjadi penularan yang lebih luas,” kata yusri.

Rumah pemudik diberi stiker tanda khusus di lenteng agung, jakarta, 17 mei 2021. Tempo/m taufan rengganisdalam pekan terakhir, sejumlah parameter penanganan covid-19 di ibu kota menunjukkan grafik peningkatan. Bahkan angka pasien aktif yang menjalani isolasi mandiri dan perawatan di rumah sakit telah kembali menembus 10 ribu orang. Ini adalah angka tertinggi sejak grafik pandemi virus asal wuhan ini melandai mulai akhir februari lalu.

Kepala dinas kesehatan dki widyastuti mengatakan tenaga kesehatan tengah memeriksa 352 spesimen tes swab yang diduga mengandung mutasi virus corona varian b.1617.2 asal india. Hingga saat ini, pusat penelitian dan pengembangan kesehatan (litbangkes) kementerian kesehatan baru bisa memastikan 15 spesimen tak mengandung varian baru covid-19. Headtopics.com varian baru covid-19 ini berasal dari dua kasus, yaitu tenaga kesehatan dki dan warga asing asal india, maret dan april lalu. Menurut widyastuti, tenaga kesehatan yang terjangkit varian baru tersebut telah dinyatakan pulih dan sembuh.


Baca Juga

0  Komentar