Masih Pandemi Covid, JK Usul Salat Tarawih Dibagi 2 Gelombang

CNN Indonesia - Peristiwa   Rabu, 24 Maret 2021

img

Masih pandemi covid, jk usul salat tarawih dibagi 2 gelombang jakarta, cnn indonesia -- ketua umum dewan masjid indonesia (dmi) jusuf kalla mengusulkan agar prosesi ibadah salat tarawih di bulan ramadan 1442 hijriah/2021 dibagi menjadi dua gelombang atau sistem sif karena masih dalam kondisi pandemi virus corona (covid-19). "untuk itu apabila memang diperlukan demi mengakomodir jemaah yang mau salat tarawih, maka bisa dilaksanakan dua kali atau 2 sif," kata jk dalam keterangan resmi yang dikutip rabu (24/3). Jk menyatakan usulan tersebut mengingat masjid harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi saat ini. Otomatis, kata dia, membuat daya tampung masjid menurun menjadi hanya 40 persen dari total daya tampung keseluruhan saat salat tarawih digelar.

#div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } ia menjelaskan terdapat ketentuan jaga jarak 1 meter saat beribadah di masjid untuk memenuhi aspek protokol kesehatan. Karena itu, daya tampung masjid pastinya akan menurun hingga 40 persen agar aspek tersebut terpenuhi. "tahun ini masjid sudah bisa dipakai untuk tarawih, selama memberlakukan protokol kesehatan yang baik. Maknanya apa? tentu mempunyai makna sebagian umat tidak bisa tertampung karena harus mengikuti aturan jaga jarak," kata dia.

Diketahui, kementerian agama dan mui sendiri belum mengeluarkan pedoman resmi terkait ibadah di bulan ramadan 1442 hijriah di tengah pandemi saat ini. Pimpinan pusat (pp) muhammadiyah sendiri sudah menetapkan 1 ramadan 1442 hijriah akan jatuh pada selasa, 13 april 2021 mendatang. Meski demikian, pemerintah sendiri belum memutuskan secara resmi kapan 1 ramadan akan dimulai. Pemerintah melalui kementerian agama akan menetapkan secara resmi awal ramadan dalam sidang isbat pada hari ditetapkan sebagai ijtimak.


Baca Juga

0  Komentar