Nilai Kontrol Pandemi 34 Provinsi: Papua Lebih Baik dari DKI

CNN Indonesia - Peristiwa   Kamis, 27 Mei 2021

img

Nilai kontrol pandemi 34 provinsi: papua lebih baik dari dki jakarta, cnn indonesia -- kementerian kesehatan (kemenkes) memberikan penilaian kepada 34 provinsi dalam pengendalian pandemi virus corona (covid-19). Nilai tersebut diukur dari laju penularan lokal, bed occupancy rate (bor) atau kapasitas rumah sakit, dan penerapan 3t (testing, tracing, treatment). Wakil menteri kesehatan dante saksono harbuwono mengungkap nilai tertinggi yang diberikan kepada 9 provinsi adalah c. Sementara sisanya diberi nilai d, dan satu provinsi mendapat nilai e.

"ada beberapa daerah yang masuk kategori d, dan ada yang e seperti jakarta. Tapi ada juga yang masih di c," kata dia dalam rapat kerja bersama komisi ix di komplek dpr/mpr, senayan, jakarta, kamis (27/5). #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } mengutip paparan yang disampaikan dante, provinsi yang mendapat nilai c adalah bengkulu, nusa tenggara timur, papua, maluku utara, maluku, gorontalo, sulawesi selatan, sulawesi tenggara, dan sulawesi tengah. Provinsi tersebut melaporkan kurang dari 20 kasus positif per 100 ribu penduduk per minggu, merawat 5 pasien per 100 ribu penduduk per minggu, dan melaporkan 1 kasus kematian per 100 ribu penduduk per minggu.

Kemudian provinsi lainnya kecuali dki jakarta mendapat nilai d dengan tingkat transmisi komunitas berada di antara level 2 dan 3. Transmisi komunitas di level 2 artinya, provinsi melaporkan 20-50 kasus positif per 100 ribu penduduk per minggu, merawat 5-10 pasien per 100 ribu penduduk per minggu, dan melaporkan 1-2 kasus meninggal per 100 ribu penduduk per minggu. Provinsi dengan nilai d tersebut terdiri dari kalimantan barat, sumatera selatan, jambi, aceh, nusa tenggara barat, jawa tengah, dan kalimantan selatan. Kemudian jawa barat, banten, jawa timur, kalimantan timur, papua barat, sulawesi utara dan kalimantan utara.

Sementara 8 provinsi lainnya yang diberikan nilai d memiliki transmisi komunitas di level 3.artinya, provinsi melaporkan 50-150 kasus per 100 ribu penduduk per minggu, 10-30 pasien dirawat per 100 ribu penduduk per minggu, dan 2-5 kasus meninggal per 100 ribu penduduk per minggu. Provinsi tersebut adalah sumatera utara, riau, sumatera barat, kepulauan riau, bangka belitung, d.i.yogyakarta, kalimantan tengah, dan bali. Sementara dki jakarta mendapat nilai e dan menjadi provinsi satu-satunya dengan transmisi komunitas di level 4. Artinya dki melaporkan lebih dari 150 kasus per 100 ribu penduduk per minggu, merawat lebih dari 30 pasien per 100 ribu penduduk per minggu, dan melaporkan lebih dari 5 kasus meninggal per 100 ribu penduduk per (fey/wis) [gambas:video cnn].


Baca Juga

0  Komentar